Polres Bentuk Satgas Penanggulangan Bencana

0
618
RAPAT KOORDINASI: Polres dan Pemkab Anambas serta TNI saat rapat membahas Satgas Bencana Alam danLaka Laut di Mapolres Anambas. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Sebagai kabupaten yang geografisnya terdiri dari pulau-pulau, maka Kabupaten Anambas perlu memiliki Satuan Tugas (Satgas) agar cepat tanggap bila terjadi bencana alam dan kecelakaan (Laka) laut.

Hal ini diungkapkan Kapolres Anambas AKBP Junoto SIK, Rabu (20/12) di Mapolres Anambas. Junoto menguraikan, langkah yang dilaksanakan untuk mengantisipasi menolong korban bencana alam seperti tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang tinggi.

Dengan memasuki cuaca ekstrim, serta angin utara Satgas bisa siaga untuk menanggulangai laka laut di Kabupaten Anambas. ”Daerah kita ini secara geografis kepulauan. Belum lagi setiap tahunnya pasti masuk musim utara. Jadi kecelakaan laut terbuka lebar,” ujar Junoto.

Ia menambahkan, perlu adanya posko penanggulangan bencana alam dan laka laut di pelabuhan milik Pemda. Kini, pihaknya telah menyiapkan layanan Call Center dengan nomor 08228726900.

Untuk itu, lanjut Junoto, Satgas bencana alam dan laka laut segera dibentuk. Dengan dibentuknya Satgas tersebut, maka memberi rasa aman bagi masyarakat.

Mengingat, situasi dan kondisi cuaca pada saat ini tidak menentu yang rawan terjadinya bencana alam. Untuk itu, tambahnya, Polres Anambas beserta jajarannya serta sarana dan prasarana yang dimiliki siap setiap saat untuk memberi bantuan dan pertolongan terhadap bencana alam dan laka laut bersama dengan Satgas dari Kabupaten Anambas.

”Polres Anambas bersama dengan Pemkab dan TNI, melakukan Sosialisasi tentang keselamatan laut kepada masyarakat. Serta melakukan pengecekan kelengkapan kapal, seperti Life Jacket di kapal antar pulau di pelabuhan,” sebutnya.

Sementara itu, Asisten II Pemkab Anambas DF Masykur ST MM sangat menyambut baik gagasan dibentuk Polres. Untuk mendukung itu, maka dalam waktu dekat akan membuat Surat Keputusan (SK) Bupati tentang pembentukan Satgas Bencana Alam Kabupaten Anambas.

”Walaupun Satgas belum di kukuhkan oleh Bupati, tetapi kegiatan Satgas mulai hari ini sudab berjalan dalam memberikan sosialisasi keselamatan laut kepada masyarakat. Sebab, melihat kondisi cuaca yang ekstrim sangat rawan terjadinya laka laut,” sebut Masykur. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here