Polres Bintan Siapkan Metal Detector

0
524
Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang bersama Wabup Bintan H Dalmasri Syam, Kadishub dan OPD lain, mengecek armada lantas, pada saat upacara pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Kamis kemarin. F-ISTIMEWA

Pengamanan Gereja pada Natal dan Tahun Baru

BINTANBUYU – Jajaran Polres Bintan akan menyiapkan alat pendeteksi (metal detector), untuk pengamanan 37 gereja pada saat perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Jemaat diminta tidak membawa tas berukuran besar.

Imbauan itu disampaikan Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, di sela apel gelar pasukan operasi lilin seligi 2017, untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018, Kamis (21/12) kemarin. Upacara ini dihadiri Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam, Kadishub Bintan Yandrisyah, Kadinkes dr Gamma Isnaeni, jajaran Polres Bintan, satuan TNI, Satpol PP dan stakeholder terkait.

”Semua sarana dan armada maupun personel sudah kita siapkan. Termasuk alat metal detector, untuk pengamanan 37 gereja itu. Bahkan, pasukan jibom dari Brimob juga kita turunkan, saat pengamanan Natal dan Tahun Baru nanti,” ujar Boy Herlambang, menjawab Tanjungpinang Pos.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang menyebutkan, personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru ini sebanyak 418 personel. Dari jumlah itu, 200 personel dari jajaran Polres Bintan. Sedangkan 100-an personel Polres, tetap bertugas di Mako Polres.

Selain tempat ibadah gereja, jelas Boy Herlambang, pengamaman dan pelayanan dipusatkan di jalur-jalur lalu lintas. Seperti pelabuhan Tanjunguban, Lagoi dan Kijang. Ada sebanyak 9 pos pengamanan dan 3 pos pelayanan. Pos itu berada di perbatasan Bintan-Tanjungpinang, kawasan pariwisata Lagoi, pariwisata Trikora dan beberapa tempat pusat perbelanjaan dan keramaian sosial.

Menurut Kapolres Bintan, sasaran pengamanan dan pelayanan itu ditujukan kepada antisipasi kerawanan dan operasi sweeping dari ormas tertentu, antisipasi aksi teror, upaya stabilitas harga dan ketersediaan pangan, serta waspada terhadap kerawanan bencana alam.

”Saat ini, kita di Bintan memasuki angin musim utara. Gelombang besar, badai kuat dan angin kencang. Segala bencana alam perlu diantisipasi. Terutama di kawasan laut dan pantai pariwisata,” jelasnya.

Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam menambahkan, operasi lilin seligi 2017 di Bintan akan difokuskan di dua titik, yaitu kawasan wisata dan rumah ibadah. Selama ini, Bintan aman pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Namun demikian, pengamanan kawasan itu tetap menjadi perhatian Pemkab Bintan dan seluruh pihak terkait. Agar perayaan berjalan lancar, nyaman dan aman. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here