Polres Segel Lokasi Tambang Emas

0
620
PARA penambang emas yang berkedok menambang timah saat melakukan eksplorasi di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep. F-ISTIMEWA

Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Lingga menyegel lokasi tambang timah konvesional dengan memasang garis batas polisi (Police Line) di Air Hitam, Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep.

LINGGA – Personel Satreskrim mengamankan 10 unit pompong tambang dengan mesin penyedot, karena para penambang diduga tidak menambang timah melainkan mendulang emas.

”Berdasarkan pengakuan salah seorang penambang, dan barang bukti yang kami dapatkan di sini (lokasi penambangan) tidak menambang timah melainkan emas,” kata AKP Suharnoko, Kasat Reskrim Polres Lingga dilokasi penambangan, Senin (29/1).

Suharnoko menjelaskan, pihaknya tidak ingin mengganggu mata pencaharian warga dengan melakukan penyegelan tempat ini jika memang warga hanya mencari timah.

Penyegelan dilakukan, lanjut Suharnoko, karena pihaknya mendapatlan informasi di daerah tersebut ada aktivitas pertambangan emas.

”Kalau nanti berdasarkan penyelidikan memang hanya aktivitas tambang timah rakyat. Kami akan buka segel, dan silakan warga beraktivitas kembali sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Suharnoko.

Saat ini, sambung Suharnoko, pihaknya sedang menunggu intruksi dari Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi untuk menindaklanjuti kegiatan penyegelan tambang rakyat ini.

”Sesuai perintah Kapolres, akan dibicarakan dengan para penambang dan Ketua DPRD Lingga Riono yang menjadi fasilitator penambang timah rakyat,” terangnya.

Suharnoko memastikan, pihak kepolisian tidak akan mempersulit warga yang mencari nafkah dengan melajutkan aktivitas penambangan timah rakyat.

”Sesuai perintah Kapolres, jika memang tambang timah rakyat kita akan buka police line yang dipasang,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here