Polres Selesaikan SP3 Bobby Jayanto

0
257

TANJUNGPINANG – Polres Tanjungpinang tidak mau menuggu lama, untuk memutuskan Surat Penghentian Penyidikan (SP3) terhadap Bobby Jayanto atas dugaan kasus rasis yang pernah dilakukannya usai Pileg April lalu.

Kepada wartawan, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi melalui Kasat Reskrim Polres AKP Efendi Ali menuturkan bahwa penyidik berkesimpulan bahwa bisa saja dilakukan diskresi penghentian atas perkara tersebut dengan mengeluarkan Surat Penghentian Penyidikan.

“Saudara BJ yang hari ini dilantik sebagai anggota DPRD, tentunya harus diberikan upaya kepastian hukum. Dalam rangka memberikan kepastian hukum itu, maka pihak kepolisian, sedang memproses penerbitan SP3 tersebut,” tegas Effendi.

Dia meyakini bahwa penerbitan SP3 sedang dilakukan pihak penyidik Polres dan dalam waktu yang tidak lama, hasil itu sudah bisa disampaikan ke publik. Kalau misalnya, SP3 itu selesai dibuat, misalnya ada pihak-pihak yang tidak berkenan atau tidak terima atau keberatan menyempuh jalur hukum yang ada. Yakni prapradilan.

“Perlu kita ketahui, bahwa SP3 itu bukan harga mati. Apabila nanti bisa ditemukan dan membuat perkara ini diangkat kembali, bisa dibuka penyelidikannya. Kalau memang di uji, pihak kepolisian kalah dan salah, ya SP3 nya kita buka kembali, jadi proses perkara terhadap BJ bisa kita angkat kembali,” tegasnya menceritakan.

Effendi juga tidak segan menyampaikan, kepada pihak-pihak yangmerasa keberatan dengan SP3 silahkan melakukan jalur hukum, bukan aksi di jalanan. Artinya sudah mengganggu ketertiban umum. Kalau sudah menganggu ketertiban umum, dia memastikan pihak keamanan harus turun tangan menertibkan.

“Pihak keamanan siap turun mengambil tindakan tegas, terhadap siapa saja, yang ingin membuat tidak aman kota tanjungpinang,” sebutnya demikian. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here