Polres Siap Amankan TPS

0
161
SIMULASI pengamanan TPS berlangsung di depan Mapolres Tanjungpinang. f-reymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Polres Tanjungpinang menggelar latihan simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka Operasi Mantab Brata Seligi 2019 di Mapolres Tanjungpinang, Senin (4/1).

Latihan yang bertujuan untuk melatih persiapan pengamanan TPS ini, juga disaksikan dan diikuti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tanjungpinang.

Dalam latihan tersebut, personel dijelaskan mengenai teknis dan tata cara pemungutan suara. Selain itu pemaparan terkait tupoksi masing-masing petugas, mulai dari tugas ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), anggota KPPS, saksi, pengawas, Linmas dan tugas polisi.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi menjelaskan pelatihan tersebut sebagai bekal dan pedoman setiap personel polisi khususnya yang bertugas melakukan pengamanan di TPS. Personel pengamanan TPS nantinya bisa bekerja secara profesional agar pemilu berjalan aman, damai dan berkualitas.

”Personel bisa memahami tugas dan tanggung jawabnya,” katanya.

Kapolres menyebutkan, apresiasinya kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya personel Kodim 0315 Bintan yang menyelenggarakan latihan pengamanan pemilu. Menurutnya pengamanan pemilu, tidak lepas dari peran TNI yang telah diamanatkan oleh undang-undang untuk melaksanakan prinsip- prinsip pengamanan dengan netral. 

Pengamanan yang dilaksanakan oleh TNI dan Polri serta instansi terkait lainnya, lanjutnya, bertujuan untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif di Tanjungpinang. Selain itu menjaga situasi menjadi aman dan damai serta terbebas dari segala berita bohong atau kampanye hitam yang bertujuan untuk memecah belah keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Ke depan, sinergitas TNI, polisi dan masyarakat akan terus di tingkatkan, agar masyarakat tidak terpecah belah,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here