Polres Siapkan Pengamanan Pemilu

0
25
Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin mengecek strategi pengamanan pemilu di Polres Tanjungpinang. f-reymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Polres Tanjungpinang menyiapkan tactical floor games untuk mendekatkan pengendalian khsusnya operasi Mantab Brata persiap pengamanan Pemilu 2019 mendatang.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, persiapan Pemilu 2019 nanti dengan kegiatan gladi posko mensimulasikan beberapa persoalan terkait dengan kondisi nyata seperti misalnya ketika akan dihadapkan dengan rencana kunjungan atau kegiatan kampanye Pasangan calon presiden dan wakil presiden.

”Masing-masing dari pejabat operasi ini punya tugas dan tanggung jawab Apa tugas bertanggung jawab pada siapa dan bagaimana prosesnya,” katanya.

Kapolres menyebutkan, termasuk juga ketika berhadapan dengan kondisi pengamanan kita membutuhkan bantuan dari satuan atas atau satuan TNI bagaimana mekanismenya.

”Kita simulasikan jalur komando dan pengendalian harapannya dengan kita melaksanakan mereka terbiasa mengetahui semua persoalan dan bagaimana jalur koordinasi dan penyelesaiannya,” sebutnya.

Kapolres menjelaskan, kami berharap semua tahapan penyelenggara pemilu itu bisa berjalan dengan aman dan lancar.

”Seluruh anggota mempunyai tingkat kewaspadaan yang sama di semua tahapan penting,” jelasnya.

Lanjutnya, kurung ruang dan waktu itu bisa jadi ada 3 kontijensi yang kita harus antisipasi yang pertama ketika terjadi bencana alam kemudian kontijensi disebabkan karena terorisme maupun kontijensi yang disebabkan karena konflik sosial.

”Ketika kegiatan situasi kontijensi ini ada harus kita hadapi kita sudah siap nanti akan kita simulasikan juga,” tuturnya.

Untuk kunjungan calon presiden dan wakil presiden, Kapolres menuturkan, untuk jadwal kedatangan itu nanti dari KPU apakah ada datang ke Tanjungpinang, tapi sejauh ini belum ada pemberitahuan.

”Apabila ada jadwal kampanye di Tanjungpinang kita sudah siap,” tegasnya.

Sedangkan untuk kampanye di Tanjungpinang, Kapolres membeberkan, kondisi nyata Kota Tanjungpinang dari berbagai aspek itu berjalan aman dan lancar kaitanya dengan kegiatan masing-masing caleg dan pendukungnya serta capres dan cawapres bersama tim sukses ini bisa berjalan lancar posisi kami mendukung penuh apa yang menjadi agenda kegiatan KPU dan Bawaslu.

”Kita berharap tetap memenuhi aturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here