Polres Simulasi Pengamanan

0
188
POLRES Tanjungpinang simulasi pengamanan pemilu. f-raymon/ tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Menjelang Pemilu 2019, Jajaran Polres Tanjungpinang menggelar posko dan Tactical Floor Game (TFG) di lapangan Mapolres Tanjungpinang bertujuan agar personil dapat mengendalikan operasi yang mampu mendekati kondisi nyata, Sabtu (6/4).

”Jadi kami praktikkan bagaimana pergeseran personil, kendaraan, aktifitas patroli untuk penguatan personil kami yang melaksanakan tugas pengamanan di TPS nantinya,” kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi Sabtu (7/4).

Ucok menyebutkan, ini juga ingin memastikan selama pelaksanaan pemungutan suara di TPS, fungsi-fungsi pelayanan publik tetap berjalan. Seperti menerima laporan polisi di Mapolres dan Polsek-polsek, pelayanan publik penerbitan SKCK dan SIM memastikan akan berjalan.

Juga saat dihadapkan dengan peristiwa tindak pidana, kejadian, kasus, lakalantas, pencurian ataupun aktifitas masyarakat yang terganggu. Ini dilakukan sebagai upaya dengan berbagai cara bertindak dengan mendekati kondisi nyata dan seperti skenario ini.

”Kami juga sudah mempersiapkan pada peristiwa pemungutan suara seperti jika dihadapkan dengan kondisi bencana alam. Maka dari itu bagaimana peran kepolisian untuk membantu perangkat pemerintah. Kemudian dihadapkan dengan konflik sosial pada hari pemungutan suara nantinya, juga sudah dibicarakan termasuk antisipasi terorisme dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Ucok menuturkan, dalam hal pengamanan kepolisian juga melibatkan satuan TNI dengan perangkat Komando di satuan TNI. Bagaimana Polri dan TNI bisa berkoordinasi dan berkomunikasi serta bersinergitas dalam perbantuan pengamanan.

”Sehingga kami yakin bahwa aktifitas pemungutan suara di kota Tanjungpinang masyarakat yang sudah merasakan lebih antusias datang ke TPS menjalankan dan melaksanakan hak pilih ya lebih aman, nyaman dan damai,” paparnya.

Menurutnya, ada objek 567 TPS di empat kecamatan di kota Tanjungpinang yang harus kita amankan dan saya berharap dalam pelaksanaan kegiatan Tactical Floor Game ini agar seluruh anggota memperhatikan dan mengamati kegiatan ini serta mengenali betul peran dan tanggung jawabnya dalam pelaksanaan tugas mengamankan Pemilu Serentak 2019 supaya sukses.(ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here