Polres Sosialisasi UPP Saberpungli

0
30
PARA peserta yang hadir di acara Sosialisasi Saber Pungli di Kecamatan Siantan Tengah oleh Polres Anambas. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Polres Anambas melaksanakan sosialisasi Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saberpungli) dilingkungan Kecamatan Siantan Tengah, Rabu (16/5).

Wakapolres Anambas Kompol Rafizal Amin yang menjabat sebagai Ketua Saber Pungli Anambas menjelaskan, pentingnya menjelaskan tentang aturan yang terkait dan tergolong tindakan Saber Pungli kepada para peserta sosialisasi.

Ia menjelaskan, dalam kasus Pungli tentunya pelaku yang memberi dan menerima jika tidak diketahui peruntukannya dengan jelas bisa disebut Pungli. ”Ini sosialisasi untuk Saber Pungli, agar masyarakat memahami mana pungutan liar. Baik pemberi maupun penerima jika ada transaksi apalagi tidak jelas kemana uangnya maka disebut pungutan liar,” ujar Rafizal, kemarin.

Rafizal Amin juga menambahkan, selama ini sudah dilakukan sosialisasi secara merata dibeberapa wilayah hingga kecamatan. Jika masih ada perlakuan pungutan liar maka ke depan, maka akan dilakukan penindakan.

Seluruh masyarakat Siantan Tengah yang hadir saat sosialisasi, diharapkan bisa menyampaikan pesan tersebut kepada warga lainnya yang tidak dapat hadir saat sosialisasi.

”Ini masih kita lakukan sosialiasi. Nanti jika ada temuan maupun laporan masyarakat ternyata masih ada pungutan liar, maka kita akan tindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Selain sosialisasi Saber Pungli, lanjut Rafizal, agar masyarakat jeli terhadap pemberitaan Hoax atau berita bohong. Apalagi saat ini, banyak berita di media sosial yang tidak jelas sehingga bisa memicu perpecahan ditengah masyarakat.

”Mari kita lawan berita Hoax, masyarakat bersatu melawan hoax agar kita tidak mudah dipecah belah. Tolong dikroscek terlebih dahulu, apalagi jika membaca di medsos tentunya sumber berita disana belum sepenuhnya benar. Mari kita teliti sebelum menyebarkannya kepada orang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Siantan Tengah Herry Fakhrizal mengatakan, sosialisasi Saber Pungli dilaksanakan di wilayahnya sangat penting. Kendatipun selama ini untuk pelayanan di kantor Kecamatan tidak pernah ada pungutan liar. Sebab, pegawai kantor kecamatan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya melayani masyarakat.

”Kita sangat mendukung sosialisasi ini, selama ini juga tidak ada pungutan liar baik mengurus KTP maupun dokumen lainnya. Kita bekerja sesuai dengan tugas kita melayani masyarakat dan tidak mengharapkan imbalan karena kami sudah digaji oleh negara. Jadi jika ada pungli laporkan saja kepada tim saber” kata dia. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here