Polres Terapkan SIM Online

0
2066
Personel Satlantas Polres Tanjungpinang saat melayani masyarakat saat membuat SIM secara online di kantor Polres Tanjungpinang, Rabu (21/2). f-raymon/tanjungpinang pos

Satlantas Polres Tanjungpinang mengumumkan terobosan baru yakni layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) online. Melalui terobosan ini, masyarakat dapat membuat atau memperpanjang SIM secara lebih mudah.

TANJUNGPINANG – Selain itu, yang menarik adalah, pendaftaran SIM online dapat dilakukan tidak berdasarkan domisili. Menurut Kasat Lantas Polres Tanjungpinang AKP Krisna Yowa Rahmadhani satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Tanjungpinang sudah terkoneksi dengan satpas-satpas yang ada di Indonesia. Misalnya, pemilik KTP Batam dan KTP keluaran daerah lainnya di Indonesia, sudah bisa membuat SIM di Tanjungpinang.

”Kita mulai melayani pembuatan dan perpanjangan SIM dengan sistem online,” kata Kasat Lantas Polres Tanjungpinang AKP Krisna Yowa Rahmadhani.

Menurutnya, aturan ini mulai berlaku 2 Januari 2018 untuk penerbitan SIM baru dan perpanjangan sudah bisa dilayani secara online.

Kasat menyebutkan, pelayanan pembuatan SIM online, sambung dia mudah-mudahan ini bisa membantu masyarkat dalam hal perpanjangan SIM. Sehingga apabila ada masyarakat Jakarta yang sedang berada di Tanjungpinang namun masa SIM nya akan mati maka bisa memperpanjang di Satlantas Polres Tanjungpinang.

”Dapat diperpanjang di Satlantas Tanjungpinang tanpa melihat KTP asal, yang terpenting daerahnya itu juga sudah online,” sebutnya.

Kasat menjelaskan, dalam pembuatan SIM online prosedurnya kesemuanya sama seperti KTP dan membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sedangkan test tertulis sekarang sudah online sehingga hasil tes dapat diketahui oleh Korlantas.

”Setelah semuanya lulus baru bisa membuat SIM baru, sedangkan untuk perpanjangan tidak mengikuti tes lagi,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya SIM online mengurangi para calo di Satpas sehingga pelayanan masyarakat dapat dilayani dengan maksimal. Jam operasional mulai dari Senin sampai dengan Sabtu dari pukul 08.00-14.00.

”Untuk website online masih kita kembangkan, kita masih fokus dalam perkembangan smart alarm sistem yang nantinya bisa diakses melalui handphone,” tuturnya.

Ia mengajak kepada masyarakat, yang belum memiliki SIM tapi sudah membawa motor, baiknya mulai dari sekarang, mengurus SIM. Karena, membuat SIM terus dipermuda. ”Jangan sampai sudah membawa motor dan mobil tapi belum memiliki SIM. Ini pelanggar lalulintas,” tegasnya.

Ia juga minta kepada pelajar, yang belum berumur 17 tahun, baiknya jangan membawa motor ke sekolah karena sangat membahayakan, apalagi belum ada SIM-nya.(RAYMON – ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here