Polsek KKP Renovasi Rumah Warga

0
467
Tinjau RTLH: Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardianto Tedjo Baskoro meninjau rumah RTLH milik warga Dompak yang sudah direnovasi oleh Polsek KKP, Selasa (7/11). f-reymon/tanjungpinang pos

Jajaran Polsek KKP Tanjungpinang memperbaiki rumah hingga jadi layak huni di Dompak. Rumah itu milik Arbit (67) dan Rajuna (60), warga Dompak lama Kecamatan Bukit Bestari.

TANJUNGPINANG – Rumah Arbit diperbaki karena kondisinya memprihatinkan serta panjangnya hanya 2,5x 3,5 meter. Sebelumnya, rumah Arbit hanya tertutup triplek yang dibuka saat pagi hari dan ditutup pada sore hari. Selain itu, kondisi lantai rumah yang terbuat dari papan jejak dengan air saat pasang hingga rawan masuk binatang liar seperti ular dan biawak.

Sementara kondisi rumah milik Herbert juga serupa. Kapolsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang Kompol Darmawan terenyuh dengan kondisi rumah kedua warga ini. lantas ia bersama anggotanya melakukan perbaikan atau rehabilitasi rumah.

”Sebelumnya juga kami sduah mencari data siapa pemilik rumah itu. nelayan yang sudah tidak aktif lagi. Kondisi ini disebabkan dia sudah sering mengalami sakit dan istrinya bekerja sebagai buruh cuci harian. Anak-anaknya juga tidak tamat SD dan bekerja sebagai buruh harian sehingga tidak bisa membantu orangtuanya dalam hal ekonomi,” sebutnya.

Lalu Bedah rumah dilakukan setiap hari tanpa henti. Dua minggu kemudian, pekerjaan selesai. Dari total dana terkumpul sebesar Rp 21 juta, rumah Arbit dan istri telah berubah total.

Kini, rumah yang semula berukuran 2,5 × 3,5 meter kini menjadi 4 x 6,5 meter yang dilengkapi satu kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu sekaligus ruang keluarga.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardianto Tedjo Baskoro mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Polsek KKP ini. ia berharap Polsek-polsek lain di bawah Komanda Polres Tanjungpinang juga bisa melakukan hal serupa.

”Saya berharap Polsek lain dapat mendata wilayahnya. Ini menjadi contoh bagi yang lain. Bahwa di tempat kita bertugas masih ada orang-orang yang harus dibantu,” tegasnya.

Di samping melakukan bedah rumah, di Kampung Dompak lama ini, Kapolres berencana melakukan pembenahan terhadap fasilitas MCK yang sudah ada. ”Kalaupun memadai, paling tidak kami akan membantu pompa air yang menurut warga tidak ada di MCK tersebut,” ujarnya. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here