Pos Kamling di Pelantar Tetap Aktif

0
275
Warga sedang duduk di pos kamling saat jaga malam di kawasan pelantar, belum lama ini. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pos kamling di wilayah kerja Bhabinkamtibmas Polsek Tanjungpinang Barat, Kelurahan Kemboja tetap aktif. Hal ini untuk mencegah terjadi hal-hal kriminal.

Bhabinkamtibmas Polsek Tanjungpinang Barat, Bripka Agus Prabowo mengatakan, warga bangun pos kamling digunakan untuk pos berjaga malam, di Kelurahan Kemboja. Kawasan tersebut ada empat pos kamling yang aktif.

Menurutnya, keberadaan pos kamling ini dapat meningkatkan penjagaan, terutama pada malam hari. Sehingga adanya petugas yang jaga dan keamanan semakin meningkat.

”Setiap malam ada petugas yang berjaga malam untuk menjaga kondusif,” kayanya Rabu (12/9).

Agus menuturkan, adapun empat pos kamling yakni, pertama di lokasi wilayah RW 10 Jalan Teladan, Jalan Potong Lembu RT 1 RW 9, pos kamling RT 3 RW 11 dan Pos Kamling Tambak RT. 3 RW 3. ”Peran RT dan RW setempat sangat aktif untuk menjaga lingkungan, hampir setiap malam kita juga mengunjungi para petugas pos kamling,” sebutnya.

Kata dia, mengawasi lingkungan ini diharapkan selalu aktif dikarenakan apabila ada orang atau hal yang mencurigai bisa ditangani sedini mungkin.

Lanjutnya, dengan aktifnya pos kamling bila ada oknum yang ingin melakukan tindakan kriminal bisa mengurungkan niatnya karena melihat petugas berjaga. ”Jadi penjahat juga syok, ternyata ada petugas dan tentu sudah dibekali kemampuan lainnya,” tuturnya.

Kata dia, dengan melakukan pendekatan dengan warga dan meningkatkan penjagaan melalui pos kamling bisa menekan tindakan curas, curhat dan curanmor. ”Selain itu juga lebih mengenal para warganya sesuai dengan wilayahnya,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here