Pos Satlantas Halangi Pandangan Pengguna Jalan

0
220
KENADARAAN antre di simpang tiga lampu merah Bintan Centre Batu 9. Pos polisi ini menghalangi pandangan. F-suhardi/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Pos Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di kawasan Bintan Centre menghalangi pandangan bagi pengendara atau pengguna jalan. Sementara, untuk tempat alternatif tidak ada.

Awalnya pos pini dibangun pihak swasta. Namun karena terlalu mencolok ke depan jalan raya, dihancurkan dan dibangun kembali oleh Pemko Tanjungpinang, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU). Pos tersebut sejak tiga tahun lalu, sempat difungsikan petugas Dinas Perhubungan Tanjungpinang. Belum setahun, pihak Polres Tanjungpinang meminta kepada Wali Kota Tanjungpinang agar pos tersebut, difungsikan untuk pos Satlantas.

Hingga saat ini pos ini difungsikan petugas Satlantas, meski keberadaan pos tersebut menggangu pengguna jalan, dari arah pasar Bintan Centre Batu 9.

”Kami tidak tahu, kajian yang digunakan Dinas PU, saat awal pendirian pos tersebut,” terang salah satu petugas Dinas Perhubungan Tanjungpinang, kemarin.

Pihaknya sudah pernah membahas keberadaan pos tersebut, terkait tata letaknya saat ini. Karena mengganggu pengguna jalan yang berhenti di pertigaan simpang tersebut.

”Kalau pengendara berhenti dari lampu merah arah pasar Bincen, tak dapat melihat lampu merah dari arah Batu 8,” terangnya.

Rahmat seorang warga Lembah Asri mengatakan, harus diatur ulang keberadaan pos polisi tersebut. Masyarakat awam seperti dirinya menilai, bahwa pos tersebut tidak tepat dibangun di posisinya saat ini.

Sementara, Kasat Satlantas Polres Tanjungpinang AKP Krisna Yowa Ramadhani mengatakan, belum ada rencana pemindahan pos polisi yang berada di Batu Sembilan itu. Karena belum ada tempat penggantinya. Menurutnya, posisinya agak menutup pandangan pengendara dari arah dalam Bintan Center. Untuk pemindahan pos itu, perlu kajian kembali dan pengajuan serta pencarian lahannya pemindahannya.

”Kita masih melihat dan melakukan pengkajian kembali. Untuk pencegah pelanggaran lalulintas, Satlantas Polres Tanjungpinang sudah memploting dua personel,” katanya Selasa (6/2).

Krisna menyebutkan, bangunan yang ditempati sekarang merupakan bangunan dari pengembang. Untuk pemindahan pos jaga, belum ada. Sedangkan penambahan pos direncanakan berada di bundaran Stisipol Batu Delapan atas.

”Pengajuan sudah sejak tahun 2017 lalu, kepada Pemko Tanjungpinang. Tapi belum ada realisasi. Wacana pos itu dikarenakan masih banyak pelanggaran lalu lintas di daerah tersebut,” tambahnya. (ais/ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here