Potensi Anak Bangsa Harus Disisir

0
619
DISAMBUT: Wapres RI HM Jusuf Kalla disambut Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah dan sejumlah pejabat lainnya di Bandara Hang Nadim Batam, Kamis (14/12) malam. f-mazpram/humas pemprov kepri

Puan Maharani Buka Rapimnas Kadin di Batam

BATAM – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Puan Maharani mengatakan, semua potensi anak bangsa harus dicari dan disisir. Puan memastikan, setiap pembangunan yang dilaksanakan tidak bisa dilepaskan dari permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena persoalan SDM akan sangat menentukan keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan.

Puan menjelaskan, membangun SDM harus dilaksanakan secara menyeluruh. Makanya harus disisir seluruh potensi anak bangsa untuk bisa dididik dan diarahkan, agar mereka bisa memiliki kemampuan. ”Ini yang terus kita laksanakan dalam membangun sumber daya manusia di Indonesia,” jelas Puan Maharani saat membuka Rapimnas Kadin di Batam, Kamis (14/12).

Masih kata Puan, selain membangun Sumber Daya Manusia, prioritas meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga tidak lepas dari program yang terus dilaksanakan pemerintah. Diharapkan dengan masyarakat sejahtera, memiliki ketrampilan, pembangunan berkeadilan bisa kita wujudkan.

Gubernur H Nurdin Basirun sangat mendukung penguatan Sumber Daya Manusia dalam rangka menopang kemajuan usaha dan pembangunan. Karena persoalan Sumber Daya Manusia juga menjadi syarat berkompetensi. Sumber Daya Manusia yang baik, akan melahirkan etos kerja tinggi. ”Kepri ini salah satu beranda terdepan Indonesia. Kita harus sukses membangun daerah ini, juga Sumber Daya Manusia-nya,” kata Nurdin pada Pembukaan Rapimnas Kadin di Radison Hotel, Batam, Kamis (14/12).

Kondisi Kepri yang membentang dengan luasnya lautan, dan pulau yang banyak tak akan menyurutkan pemerintah untuk terus membangun. Pemerataan pembangunan di Kepri harus terus dilakukan demikian juga dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia-nya.

Gubernur juga sangat berharap, pembangunan infrastruktur antarpulau seperti Jembatan Batam-Bintan (Babin), segera terealisasi dengan dukungan pemerintah pusat. Jembatan ini diyakini akan meningkatkan perekonomian daerah di provinsi Kepri hingga semakin membaik. Satu sisi ini akan makin menguntungkan bagi para investor hingga menjadi daya tarik sendiri untuk daerah investasi di Kepri.

Menurut Nurdin, di antara ratusan triliun kegiatan pembangunan infrastruktur untuk Sumatera tahun 2018, Kepri hanya meminta sedikit. Hanya Rp 7 triliun untuk pembangunan Jembatan Babin itu. Rakernas itu juga dihadiri Menteri Pembangunan Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dakhiri, Ketua BP Batam Lukita D Tuwo, Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan lebih 1000-an peserta se-Indonesia.

Rakernas itu mengambil tema ‘Membangun Daerah dengan Meningkatkan Sumber Daya Manusia untuk Memajukan Perekonomian Indonesia Yang Berkeadilan’. Sedangkan Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani sangat menginginkan penguatan pembangunan Sumber Daya Manusia. Karenanya pelatihan terus dilaksanakan dan bekerjasama dengan banyak pihak. ”Semua itu dalam rangka melahirkan Sumber Daya Manusia yang bisa menunjang pembangunan, demi bangkitnya perekomomian kita,” jelasnya.

Senada Ketua Panitia Pengarah Anindia Bakrie juga berharap, kalau Kadin berkomitmen bisa terus memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah bahkan negara khususnya di bidang perekonomian Indonesia.

Malam hari kemarin, Wakil Presiden RI (Wapres) Jusuf Kalla datang ke Batam untuk menghadiri Rapimnas Kadin tersebut. JK disambut Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Sekdaprov TS Arif Fadillah dan sejumlah pejabat lainnya.

Agenda Kunker Wapres ke Semarang dan Batam
Setelah menerima kunjungan Wapres II Afganistan Mohammad Sarwar Danesh beserta delegasinya, Wapres Jusuf Kalla siang ini (Jumat (15/12) bertolak ke Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Kamis, 14/12.

Menggunakan Pesawat Kepresidenan Bae-RJ 85, Wapres didampingi staf terbatas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menuju Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat Ahmad Yani, Semarang pukul 13.15 WIB.

Di Semarang Wapres akan Meresmikan Pembukaan Seminar untuk peringatan hari ulang tahun Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) di Crowne Plaza, Jl. Pemuda No. 118, Semarang. Setibanya di tempat acara, Wapres disambut oleh Ketua BPK, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, President of International Federation of Accountants (IFAC), Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntansi Indonesia (DPN IAI), dan Walikota Semarang.

Selesai acara, Wapres beranjak Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat Ahmad Yani, Semarang untuk melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kota Batam Provinsi Kepri untuk menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) tahun 2017 di Radisson Hotel & Convention Centre, Jl, Jend Sudirman, Sukajadi, Batam, pada malam harinya.

Usai menghadiri Rapimnas KADIN, Wapres akan kembali ke Jakarta pada malam di hari yang sama. Diperkirakan Wapres tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, jakarta pada pukul 22.00 WIB.

Sebelum tinggal landas menuju Semarang, Wapres beserta Menko Kemaritiman, Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan menjemput kedatangan Presiden Joko Widodo yang baru pulang setelah selesai lawatannya ke Luar Negeri (KIP-Setwapres). (mas/ais/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here