Potensi Hasil Laut Harus Dikembangkan

0
736
MASYARAKAT Desa Limau Manis saat memilah ikan hasil tangkapannya untuk dijual.F-ISTIMEWA

Camat Bunguran Selatan (Bungsel) Erwinadi menyebutkan, di wilayah kecamatan yang ia pimpin terdapat berbagai potensi daerah yang bisa dikembangkan untuk menjadi sumber pendapatan masyarakat.

NATUNA – Bahkan sebagian potensi ini sudah berhasil dieksploitasi oleh warga setempat, dan tidak sedikit kekayaan alam itu laku terjual ke luar daerah dan bahkan luar negeri.

”Alhamdulillah, kalau dari sisi potensi yang bisa berdampak ekonomi di Bunguran Selatan lumayan banyak. Bahkan mungkin paling banyak, jika dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lainnya,” kata Camat Erwin, di Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai, kemarin.

Baca Juga :  Asyik Karaoke, ASN dan PTT Diamankan Satpol

Secara umum, potensi-potensi itu berupa bahan mentah seperti ikan bilis, ikan laut, kelapa, rotan dan sumberdaya pertanian yang dikembangkan warga. Selain itu, ada juga potensi yang berupa bahan olahan seperti makanan pedek, kerajinan tangan berbahan dasar kayu atau rotan dan lain sebagainya.

”Untuk potensi di wilayah kami tinggal dikembangkan saja, karena kegiatan eksploitasinya sudah dimulai sejak lama oleh warga secara tradisional. Barang-barang ini sudah terbukti laku dijual,” terangnya.

Langkah pengembangan telah di wacanakan pemerintah, yang akan dituangkan dalam bentuk kerja nyata melalui program kegiatan.

Baca Juga :  Anggota Dewan Pusing, Tunjangannya Dipangkas

”Ke depan sektor industri jadi fokus pemerintah. Hal ini memudahkan potensi yang ada di kecamatan kami bisa dipacu lagi sehingga bisa menjadi sumber kesejahteraan yang lebih besar,” harapnya.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here