PPA Dorong Bangun Kampus Pariwisata

0
556
Pulau bawah: Objek wisata pulau Bawah di kabupaten Kepulauan Anambas akan diusulkan membangun landasan pesawat amfibi. f-dokumen/tanjungpinang pos

Tanjungpinang – ASOSIASI Profesi Perhotelan (APP) Anambas berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas harus membangun kampus bidang pariwisata. Ungkapan itu disampaikan Azrul sebagai Sekretaris APP Anambas, Senin (10/7).

Menurutnya, Kabupaten Anambas memiliki potensi luar biasa untuk sektor pariwisata. Tentu berbanding lurus dengan penyerapan tenaga kerja bagi putra daerah asal Anambas. Ini harus dipersiapkan. Untuk mewujudkan hal ini, perlu dukungan pemerintah melalui pendirian kampus dalam upaya meningkatkan SDM bidang perhotelan di daerah.

”Kita punya Pulau Bawah, yang kini telah berdiri beberapa resor. Pulau lainnya kini sudah diincar beberapa investor asing untuk dikembangkan,” tutupnya. Dengan memiliki kampus pariwisata, akan menghasilkan tenaga khusus di bidang perhotelan dari asli anak daerah. Kini masih didominasi tenaga dari luar Anambas. Persoalannya banyak yang betah karena belbagai persoalan diantaranya transportasi dan sarana penunjang lainnya di kawasa Anambas.

”Banyak pekerja dari luar daerah tidak betah bekerja karena kesulitan untuk transportasi serta minimnya sinyal telekomunikasi,” ungkapnya. Jika dibandingkan, Batam, Bintan serta Tanjungpinang, pariwisata Anambas bisa bersaing jika dikemas dengan baik.

”Ini perlu dipikirkan pemerintah khususnya Pemkab Anambas, bagaimana memajukan SDM di daerahnya untuk bersaing di daerahnya sendiri,” sebut Azrul, warga asli Jemaja yang juga pekerja di salah satu resor di Anambas.

Keberadaan kampus pariwisata berstandar kurikulum internasional sangat penting, untuk menunjang kemajuan pariwisata Anambas.
Seperti pada sekolah pariwisata yang ada di Batam, Bintan serta Tanjungpinang yang dapat berdampak pada kesiapan tenaga lokal yang telah berstandar ASEAN.

”Kita tahu Batam punya Kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP), Bintan punya Bintan Tourims Institute (BTI) serta setingkat SMK,” jelasnya. Selain itu, transportasi dan pelayanan telekomunikasi yang memadai menjadi faktor penting sebagai pembuka akses.

Saat ini Anambas telah memiliki bandara di Letung, hanya saja pengoperasiannya belum maksimal. Untuk memajukan pariwisata Anambas dibutuhkan SDM yang memiliki skill dan soap mengembangkannya ke depan.(ADLY BARA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here