PPDB di Bintan Sudah Secara Online

0
889
Tamsir SSi MSi

Apri-Dalmasri Kembali Gratiskan Masuk Sekolah

BINTAN – SEBANYAK 20 sekolah tingkat SD dan SMP di Kabupaten Bintan akan melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online, pada tahun ajaran 2018-2019 ini. Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wabup H Dalmasri Syam kembali menggratiskan biaya dan perlengkapan masuk sekolah, seperti tahun lalu.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, dirinya sudah menerima laporan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, untuk penerapan PPDB secara online ini. Sistem ini memberikan kemudahan bagi calon peserta didik baru. Kemudian, penerimaan akan lebih transparan, dan bebas biaya.

”Tapi yang lebih penting, anak Bintan harus bersekolah semuanya. Karena, kami (Apri-Dalmasri) kembali gratiskan masuk sekolah. Tas, sepatu, buku sampai dengan baju kita gratiskan. Tentunya, bagi peserta didik baru,” tegas H Apri Sujadi, Minggu (3/6) kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir SSi MSi membenarkan hal ini. Menurutnya, untuk PPBD tahun ajaran ini, Disdik Bintan telah menerapkan secara online kepada 20 sekolah. Masing-masing 10 SMP dan 10 SD.

”Sistem pendaftaran siswa baru di Bintan, sudah dapat di lakukan secara online,” tegas Tamsir.

PPDB tahun pelajaran 2018-2019, jelas Tamsir, untuk jenjang SD dan SMP dimulai pada tanggal 2 sampai dengan 6 Juli 2018. Pengumuman penerimaan peserta didik itu, 9 Juli. Kemudian, dilanjutkan dengan daftar ulang, tanggal 10 sampai dengan 12 Juli. ”Sedangkan efektif masuk sekolah tahun ajaran baru ini, tanggal 16 Juli 2018,” sebutnya.

Sedangkan sistem penerimaan siswa baru, tambahnya, yaitu menggunakan sistem zonasi. 90 persen pelajar yang diterima diprioritaskan untuk lingkungan yang tinggal di sekitar sekolah. Sedangkan sisanya (10 persen) bisa dari luar.

”Untuk sekarang ini, sudah 20 sekolah yang terapkan sistem online, saat penerimaan siswa baru nanti. Sedangkan sekolah lainya, masih dengan sisten manual. Secara bertahap akan kami tingkatkan jumlah sekolah, yang terapkan PPDB secara online ini,” terang Tamsir.

Sekolah yang telah menerapkan PPDB secara online ini antara lain SDN 002 Bintan Timur (Bintim), SDN 003 Bintim, SDN 006 Bintim, SDN 013 Bintim, SDN 017 Bintim, SDN 001 Bintan Utara (Binut), SDN 003 Binut, SDN 004 Binut, SDN 005 Binut dan SDN 002 Gunung Kijang.

Sedangkan tingkat SMP yaitu SMPN 1 Bintim, SMPN 2 Bintim, SMPN 3 Bintim, SMPN 11 Binut, SMPN 12 Binut, SMPN 13 Binut, SMPN 6 Bintan di Teluk Bintan, SMPN 17 Bintan di Toapaya, SMPN 16 Bintan di Sri Kuala Lobam dan SMPN 5 Bintan di Gunung Kijang. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here