PPDB Dimulai, 35 Sekolah Gunakan Sistem Online

0
109
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama Wabup H Dalmasri Syam menyerahkan bantuan kepada pelajar berprestasi di Tambelan, baru-baru ini. f-istimewa
Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dimulai, Senin (1/7) sampai dengan Jumat (5/7) pekan ini. Untuk memudahkan masyarakat, Pemkab Bintan melalui Dinas Pendidikan menerapakan PPDB secara online, di 35 sekolah. Mulai proses pendaftaran, sampai dengan pengumuman hasil.

BINTAN – 35 sekolah yang melaksanakan PPDB secara online ini terdiri dari 20 sekolah tingkat SD, dan 15 sekolah tingkat SMP. Guna kelancaran proses PPDB online ini, Disdik Bintan telah menyiapkan 2 konter, yang akan membantu dan melayani wali murid atau orangtua siswa. Konter yang disediakan ini gedung LAM Bintan, di Kijang Kota, Bintan Timur. Serta di gedung Community Centre, Tanjunguban, Bintan Utara.

Ada tiga jalur dalam PPDB 2019 ini. Yaitu melalui zonasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua atau wali murid. Melalui jalur zonasi, sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah wajib menerima calon peserta didik, yang berdomisili sesuai zona, yang sudah ditetapkan.

Untuk jalur prestasi, merupakan peserta didik berprestasi yang berdomisili di luar zonasi sekolah, yang bersangkutan. Penentuan diterimanya peserta didik melalui jalur prestasi ini, melalui nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) atau Ujian Nasional (UN), serta prestasi atau penghargaan di bidang akademik maupun non akademik pada tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.

Sedangkan untuk jalur perpindahan tugas orang tua atau wali mulid, merupakan calon peserta didik yang berdomisili di luar zonasi sekolah bersangkutan, dan mengikuti perpindahan tugas orang tua, yang dibuktikan dengan surat penugasan orang tua dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

”Kita terus melakukan persiapan dan secara keseluruhan, pelaksanaan PPDB online di 35 sekolah di Bintan ini, diharapkan nantinya bisa berjalan lancar,” ujar Tamsir SSi MSi Kepala Dinas Pendidikan Bintan, Minggu (30/6) kemarin.

Bupati Bintan H Apri Sujadi meminta agar pihak sekolah mampu melaksanakan PPDB 2019, secara transparan. Karena, aturan atau regulasi pelaksanaan tersebut sudah diatur dalam ketentuan yang berlaku.

”Saya rasa, regulasinya sudah jelas. PPDB 2019 di Kabupaten Bintan dimulai, Senin (1/7) ini,” ujar H Apri Sujadi.

Bupati menambahkan, untuk siswa berprestasi, terdapat penambahan kuota. Awalnya, paling banyak 5 persen dari daya tampung sekolah. Kini, menjadi paling banyak 15 persen dari kuota penerimaan di sekolah terkait.

”Teknisnya, nanti diatur. Anak-anak berprestasi maupun warga enggak usah khawatir,” kata bupati. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here