PPDB Lancar, Daya Tampung Sekolah Cukup

0
206
KADISDIK Bintan Tamsir SSi MSi memantau proses PPDB sisten online, lewat monitor pusat informasi SIAP, di Kantor Bintan Buyu, Senin (2/7) kemarin. f-yendi/tanjungpinang pos

BINTAN – Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan langsung memantau proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP, tahun ajaran 2018-2019, Senin (2/7) kemarin. Sampai saat ini, PPDB di Bintan berjalan lancar. Baik yang sistem manual, maupun sistem online. Sedangkan daya tampung sekolah, mencukupi.

”Untuk proses PPDB sistem online di 10 sekolah SMP dan 10 SD, kami cukup memantau dari Kantor Disdik Bintan, di Bintan Buyu. Menggunakan peralatan pusat informasi SIAP online,” kata Thamsir SSi MSi, Kepala Disdik Bintan, Senin (2/7) kemarin.

Sampai saat ini, lanjutnya, PPDB menggunakan sistem online untuk masuk SD dan SMP di Bintan, tidak ada kendala. Beberapa warga yang ragu untuk mendaftar sistem online ini, ada yang meminta penjelasan di sekolah terkait. ”Tidak ada kendala, semua lancar,” tegas Tamsir.

”Untuk informasi publik (umum), warga bisa membuka online dengan mengklik https://bintan.siap-ppdb.com. Sedangkan untuk pendaftaran sistem, klik https://operator.siap-ppdb.com,” sambungnya.

Selain itu, lanjut Tamsir, tim Disdik Bintan juga memantau proses PPDB yang dilakukan secara manual di beberapa sekolah. Seperti di proses pendaftaran di SMP 16 Bintan. Beberapa warga langsung mendaftarkan anaknya kepada panitia penerimaan siswa baru. ”Kita tegaskan, PPDB tahun ini kembali digratiskan. Tidak ada pungutan saat pendaftaran anak yang masuk sekolah,” ujar Tamsir.

Bahkan, Tamsir menyampaikan, Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam kembali melanjutkan program pendidikan gratis, yaitu penyediaan perlengkapan sekolah gratis, bagi siswa baru pada tahun 2018 ini.

Perlengkapan sekolah gratis yang diberikan kepada siswa baru itu antara lain 1 stel baju OSIS dan topi, 1 stel seragam Pramuka, 1 stel pakaian kurung Melayu, 1 stel pakaian olahraga, 1 stel pakaian batik, tas dan sepatu.

Untuk PPDB tahun 2018-2019 di Kabupaten Bintan, sebut Tamsir, diperkirakan, jumlah yang masuk SD itu sebanyak 3.257 orang. Sedangkan masuk SMP itu, sebanyak 2.570 siswa, sesuai data kelulusan SD, awal Juni lalu. Ada 97 SD dan 32 SMP yang menerima siswa. ”Insya Allah, daya tampung sekolah cukup, untuk semua anak yang masuk tahun ini,” demikian dipaparkan Tamsir. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here