PPDB, Sekolah Baru Tetap Favorit

0
307
DARI kiri, guru pengawas Disdik Tanjungpinang Yahya, Kepala SMPN 16 Yulidarnis dan Rumono Ketua Komite SMPN 16 foto bersama usai meninjau pelaksanaan PPDB di sekolah itu, Senin (2/7). F-istimewa

Mendaftar 300-an, Kuota SMPN 6 Ganet 124 Siswa

Sejak pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dimulai, Senin (2/7) kemarin, orangtua yang mendaftarkan anaknya ke sekolah baru SMPN 6 Ganet membeludak. Sekolah ini juga jadi favorit bagi siswa yang mendaftar.

TANJUNGPINANG – Meski sekolah tersebut masih dua tahun sejak menerima siswa, namun semangat orangtua untuk mendaftarkan anaknya di sekolah itu tidak surut. Untuk wilayah Ganet, SMPN 6 merupakan sekolah negeri terdekat. Sekolah yang dikelilingi perumahan tersebut membuat warga seakan tidak ada pilihan lain.

Akibatnya, jumlah pendaftar jauh dari kuota yang diberikan Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang. Adapun kuota untuk sekolah itu adalah menerima 4 rombongan belajar (rombel) dengan jumlah siswa per rombel 32 orang.

”Yang kita terima hanya 128 orang untuk empat rombel. Tapi yang mendaftar sudah 300-an. Itu baru hari pertama mendaftar. Jumlah pendaftar nanti bisa lebih dari sekarang banyak karena masih ada dua hari lagi masa pendaftaran,” ujar Yulidarnis, Kepala SMPN 16 Ganet, kemarin.

Sejak pagi, orangtua siswa sudah memenuhi lokasi sekolah itu yang datang bersama anaknya. Pihak sekolah sudah menyediakan beberapa ruangan untuk pengambilan formulir maupun tempat pengisian formulir.

Sebagian orangtua mengisi formulir pendaftaran di ruangan yang disediakan. Namun, banyak juga orangtua siswa memilih mengisi formulir itu di teras sekolah.

Kemudian, disiapkan juga dua ruangan untuk pengembalian formulir. Orangtua tua pun nampak antre untuk mengembalikan formulir yang telah diisi tersebut.

Yulidarnis mengatakan, mereka tidak bisa menerima murid di luar kuota yang diberikan Disdik. Apalagi, jumlah ruang belajar di sekolah itu hanya 12 unit.

”Sekarang ini Kelas 9 ada 6 rombel, Kelas 8 ada 7 rombel dan Kelas I kita terima 4 rombel. Total nanti ada 17 rombel. Sementara jumlah ruangan hanya 12. Makanya, sekolah nanti dua shift,” jelasnya lagi.

Namun, apabila Dinas Pendidikan membuat kebijakan baru akan menambah kuota, pihaknya akan menjalankan meski nantinya jumlah guru yang kurang.

Tahun lalu, jumlah siswa yang mendaftar ke sekolah itu 400-an orang. Yang diterima hanya 7 rombel. Tahun ini, pendaftar kembali membeludak dan yang diterima hanya 4 rombel.

Orangtua siswa kewalahan hendak mendaftar ke sekolah lain karena letak sekolahnya yang jauh. Di Kecamatan Tanjungpinang Timur (Zona 4) ada empat SMP negeri yakni SMPN 16, SMPN 12, SMPN 7 dan SMPN 2 yang berbatasan dengan Tanjungpinang Barat. Sekolah dasar yang berdekatan dengan SMPN 16 ada dua yakni SDN 011 dan SDN 013 yang dua-duanya menamatkan ratusan siswa. Sehingga, mereka berbondong-bondong mendaftar ke SMPN 16 sesuai zonasi terdekat.

Yulidarnis menambahkan, mereka tidak akan membatasi jumlah pendaftar selagi masih di Zonasi 4. Namun, untuk seleksi nanti tetap akan melihat tempat tinggal calon siswa yang bersangkutan.

”Kita akan seleksi yang tempat tinggalnya paling dekat dengan sekolah. Jika banyak yang dekat sekolah, maka seleksi akan dilakukan melalui nilai,” ungkapnya.

Hadir juga saat itu H Yahya, Pengawas dan Monitoring dari Disdik Kota Tanjungpinang serta Rumono Ketua Komite SMPN 16 Ganet. Rumono berharap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini berjalan lancar.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here