PPJU Bukan untuk Subsidi PLN!

0
543
Nagoya: Suasana Nagoya yang diterangi lampu penerangan jalan. f-dokumen/tanjungpinang pos

BATAM – Wacana yang berkembang di media sosial hingga radio, untuk mendorong pajak penerangan jalan umum (PPJU) digunakan untuk mensubsidi listrik Batam, akhirnya direspon Wali Kota Batam, HM Rudi. Rudi menegaskan sikapnya menolak wacana itu, karena peruntukan dana PPJU sudah jelas. Termaksud untuk membayar PJU.

Hal itu disampaikan Rudi saat menyampaikan sambutan pada peresmian Mc Donald di Batamcenter, Jumat (15/9). ”Supaya kita paham, pajak PJU yang dibayar, bukan untuk PLN. Itu dipakai untuk membangun jalan, bayar listrik yang dipakai untuk jalan, taman,” tegas Rudi.

Diingatkan Rudi, Pemko Batam melakukan pembangunan, karena ada pajak dan retribusi. Di antaranya dari PPJU. “Kalau (listrik) disubsidi pakai itu, akan gelap jalan. Ini perlu kita ketahui. Tak ada pajak, tak bisa membangun. Tak ada pajak, kami tak bisa kerja,” tegasnya.

Sementara Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, PPJU salah satu sumber pendapatan yang besar, setelah BPHTB, PBB, dan Pajak Hotel dan Restoran. Pendapatan dari PPJU, lanjutnya, terakumulasi di daerah dan akan didistribusikan untuk seluruh program pembangunan. ”Tak fair (adil), ketika daerah sedang defisit sampai Rp 200an miliar, malah dikurangi lagi. Apalagi diserahkan ke badan usaha profit,” ungkapnya.

Terkait pemadaman, Amsakar juga mengakui rumahnya juga terkena dampak mati listrik. Setiap harinya, rumah Amsakar mengalami listrik mati sampai dua kali sehari. ”Dari jam 10 pagi sampai 12 siang. Lalu setelah Maghrib sampai jam 10 malam. Tapi semalam sudah hidup,” ungkapnya.

Terkait PAD Batam dari PPJU, diakui Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Batam, Raja Azmansyah, saat ini sudah 65 persen dari target 169 miliar. ”Yang sudah masuk sekarang, sekitar Rp105 miliar,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengatakan, meminta pemerintah provinsi mencari solusi. Sampai saat ini belum didengarnya langkah-langkah yang dilakukan pemerintah.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here