PPK Bintan Utara Sosialisasi Pemilih Pemula ke Sekolah

0
179
PANITIA Pemilihan Kecamatan (PPK) Bintan Utara menjelaskan rencana sosialisasi pemilih pemula, kepada guru dan kepala sekolah, Kamis sore lalu. f-istimewa

TANJUNGUBAN – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bintan Utara menyosialisasikan pemilih pemula ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanjunguban, dan SMA Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina (YKPP), Kamis (9/8) lalu. Upaya ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula, pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

Ketua PPK Bintan Utara Iswadi mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka koordinasi dan sosialisasi pemilih pemula untuk Pemilu serentak 2019, kepada pihak sekolah. Dari koordinasi tersebut, diketahui bahwa jumlah siswa di SMA YKPP yang berpotensi menjadi pemilih pemula sebanyak 154 orang. Sedangkan potensi pemilih pemula dari SMKN 1 sekitar 240 orang.

”Jumlahnya untuk dua sekolah ini, melebihi dari 394 orang,” ujar Iswadi, kemarin.

Iswadi menjelaskan, pelajar yang berpotensi sebagai pemilih pemula itu murid kelas XII. Pada bulan April 2019 mendatang, sudah berusia 17 tahun.

Komisioner KPU Bintan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Haris Daulay mengatakan, kegiatan PPK sosialisasi ke sekolah itu, sekaligus memonitoring jumlah murid untuk masing-masing sekolah di Bintan Utara. Sesuai dengan UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, setiap warga yang telah berumur 17 tahun dan memiliki KTP-el atau Surat Keterangan (Suket) Disduk, harus diakomodir sebagai pemilih, pada Pemilu serentak 2019 nanti.

”Para pelajar ini lah yang dimaksud undang-undang, sebagai pemilih pemula nanti,” tutup Haris.

Kegiatan koordinasi tersebut melibatkan pengawas Kecamatan Bintan Utara Ndaru Effendi dan pengawas lapangan se-Bintan Utara. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here