PPS untuk Kelurahan Penyengat Kurang Diminati

0
829
MENDAFTAR: Peserta yang melamar menjadi PPS dan PPK di KPU Tanjungpinang. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Apa kurang sosialisasi atau memang animo masyarakat Tanjungpinang rendah untuk menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS), khusunya untuk Kelurahan Penyengat.

Soalnya, hingga hari pendaftaran terakhir Jumat (20/10) tak satupun yang melamar untuk PPS Kelurahan Penyengat di KPU Tanjungpinang.

Padahal, di Kelurahan Penyengat di butuhkan 3 orang untuk petugas PPS. Dari 18 kelurahan di Tanjungpinang, KPU membutuhkan 54 anggota PPS. Sedangkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah ada 40 orang yang melamar. Dibutuhkan hanya 20 orang.

Menurut Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria, kelurahan lainnya sudah banyak peserta yang melamar. Cuma Kelurahan Penyengat yang tak diminati peserta.

Baca Juga :  Polres Awasi Money Politic

”Pendaftaran kita perpanjang satu hari. Besok (hari ini, red) kita buka pendaftaran lagi sampai pukul 16.00. Mudahan ada warga yang ingin mendaftar untuk PPS Kelurahan Penyengat,” kata Robby kemarin.

Padahal, sambung Robby untuk gaji ketua PPS sebesar Rp800 ribu lebih dan anggota Rp600 lebih. Kerjanya, hanya membantu KPU untuk mengsolisasiskan Pilkada, melakukan pemuktahiran data pemilih, membantu rekapitulasi tingkat kecamatan. Dan membentuk Komisi Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). ”Minimnya warga ingin menjadi PPS untuk Kelurahan Penyengat bisa jadi karena adanya perubahan sistem,” kata Robby.

Baca Juga :  Massa Duo Edi Jadi Rebutan

Menurutnya, sistem yang lama yakni perekrutan PPS di Kelurahan Penyengat masih mengunakan sistem rekomendasi dari pihak kelurahan. Sesuai Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Wali Kota dan Bupati, maka perekrutan PPS dilakukan secara terbuka.

”Kita minta kepada Lurah Penyengat untuk menfasilitasi agar masyarakat mau mendaftar jadi anggota PPS di KPU,” bebernya. Kemudian, calon PPK dan PPS akan mengikuti ujian tertulis 30 Oktober mendatang. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here