Praja Harus Cari Pengalaman Lapangan

0
380
SEKDAPROV Kepri TS Arif Fadillah foto bersama usai menerima kehadiran tim praktik lapangan praja IPDN Sumbar di Kepri Tahun 2018 di Rupatama Lt.4, Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kamis (22/2). F-istimewa/humas pemprov kepri

Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah Terima Praja IPDN Sumbar

Praja dituntut harus mampu berbaur dengan masyarakat. Karena salah satu keberhasilan praja sebelum benar-benar bertugas mengabdi masyarakat nanti adalah harus mendapat pengalaman di masyarakat.

DOMPAK – HAL ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H. TS. Arif Fadillah saat menerima audensi tim praktik lapangan praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sumatera Barat (Sumbar) di Kepri Tahun 2018 di Rupatama Lt.4, Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kamis (22/2).

Sekdaprov mengatakan bahwa peran dari praktik lapangan yang digagas pihak IPDN sangat baik dalam membina para praja serta diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal untuk daerah yang dijadikan lokasi praktik.

”Terutama di bidang pemerintahan, selain memberikan kontribusi tersebut para praja juga mendapatkan pengalaman karena bersentuhan langsung dengan masyarakat Kepri,” ujar Arif.

Selain mendapatkan pengalaman dan memberikan kontribusi maksimal untuk daerah, dilanjutkan Arif bahwa dengan praktik lapangan ini dapat disejalankan dengan apa yang telah ditunjukkan oleh Presiden RI Jokowi Widodo (Jokowi).

”Kita lihat Presiden lebih sering turun ke lapangan, merupakan contoh yang baik untuk dilakukan. Turun ke lapangan langsung juga merupakan salah satu kunci keberhasilan para praja di masa depan,” lanjut Arif.

Setelah menerima dan membuka audensi, Sekda kemudian memaparkan sedikit profil Kepri kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari pihak IPDN kampus Sumbar. Sebanyak 8 orang rombongan tim praktik lapangan yang berasal dari Kampus Region Sumatera Barat tersebut datang ke Kepri untuk penjajakan awal di lokasi praktik.

Dipilihnya Kepulauan Riau, kata Ketua Rombongan yang juga merupakan Direktur IPDN Kampus Sumbar Dr. Abdul Malik, MM adalah bentuk dari menjalankan komitmen pemerintah untuk membangun wilayah terdepan dan Kepri merupakan tempat yang tepat.

Abdul Malik juga menjelaskan rangkaian dari Praktek Lapangan (PL) yang rencananya akan dilaksanakan lebih kurang 1 bulan pada 16 April-13 Mei diikuti sebanyak 140 orang praja yang akan disebar di desa-desa di Pulau Bintan.

”Praktek Lapangan (PL) sendiri merupakan salah satu agenda dalam kalender akademik di setiap akhir semester, dari PL ini diharapkan aspek pemerintahan, pembangunan dan juga kemasyarakatan dapat dipelajari oleh para praja serta dapat menunjukan hasil/kerja nyata untuk daerah,” kata Abdul.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Pemprov Kepri, Sardison, Kepala Badan Kepegawaian Firdaus, Kepala Badan Kepegawaian Bintan Irma Annisa.

Dari rombongan kampus IPDN sendiri hadir Pembantu Direktur II Bustamar, Kepala Bagian TU Bisri, Kasubbag Adm dan Keuangan Norvyance dan Fungsional Umum Ida Bagus Agung.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here