Presiden Jokowi Diminta Resmikan Bandara Letung

0
470
MENDARAT: Pesawat Susi Air jenis LET410 UVP setelah mendarat di Bandara Letung, kemarin. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Anambas telah menyampaikan surat permohonan kepada Presiden RI Joko Widodo agar dapat meresmikan Bandara Letung.

Sekretaris Dinas Perhubungan dan LH Zulkarnaen SH mengatakan, dalam surat bernomor 488/Kdh.KKA/08.17 itu selain permohonan peresmian bandara juga akan disejalankan dengan peresmian pelabuhan Roro di Palmatak dan Festival Padang Melang (FPM).

”Surat yang disampaikan kepada pak Presiden kita, untuk memohon kepada beliau untuk datang ke Anambas untuk meresmikan Bandara Letung sekaligus pelabuhan kapal Roro Matak dan membuka FPM hajat besar pemerintah daerah KKA,” kata Zul kemarin, Selasa (7/11).

Zulkarnaen mengungkapkan, runway bandara sudah diperpanjang 1.430 meter. Selain itu, fasilitas penunjang lain juga sudah terlengkapi. Bahkan, saat ini pesawat perintis Susi Air sudah mendarat di Bandara Letung.

”Alhamdulillah. Bandara letung sudah siap untuk diresmikan. Mudah-mudahan beliau bersedia turun dan datang ke Anambas pada bulan Mai tahun 2018 mendarang,” harap Zulkarnaen.

Zul mengungkapkan, Bandara Letung sendiri dibangun melalui anggaran Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan APBD Kabupaten Anambas. Hadirnya bandara yang berlokasi di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur itu, diharapkan mampu membuka akses transportasi.

Saat ini, maskapai Express Air telah beroperasi setiap hari melalui Bandara Khusus Matak. Lalu, untuk kapala feri juga sesuai jadwal belum lagi kapal Pelni yang sesuai jadwal terus beroperasi. ”Hadirnya Bandara Letung membuat akses transportasi untuk mendukung pariwisata semakin baik,” terangnya.

Kasatpel Bandara Letung Ariadi Widyawan membenarkan hal itu. Menurutnya, Bandara Letung telah beroperasi namun diharapkan peresmiannya langsung dilakukan oleh Presiden RI. Selain itu, pemerintah daerah juga diminta untuk segera menghibahkan Bandara Letung kepada Pemerintah Pusat.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here