Prioritas Pembangunan Harus Bermanfaat

0
152
BUPATI Natuna Hamid membuka acara musrenbang Natuna 2019 di Gedung Sri Srindit Ranai, Senin (11/3) malam. f-istimewa
Bupati Natuna Hamid Rizal menekankan, agar seluruh peserta Musyawarah Perencanan Pembangunan (Musrembang) senantiasa memperhatikan prioritas pembangunan yang bermanfaat serta paradigma pembangunan.

NATUNA – Menurutnya, pembangunan yang tidak dilandasi dengan paradigma yang jelas maka pembangunan tersebut akan menjadi sia-sia

Hamid menyampaikan hal itu, ketika membuka Musrenbang Kabupaten Natuna yang digelar di Gedung Sri Srindit Ranai, Senin (11/3) malam.

Musrenbang kali ini mengambil tema, ‘Penguatan daya saing daerah berbasis sumberdaya alam terbarukan didukung dengan penguatan menejmen sumber daya aparatur’.

Kedua, Hamid menekankan agar peserta Musrenbang dapat mengedepankan prinsip rasionalisasi program.

Karena pembangunan yang tidak dilandasi dengan rasionalitas, akan dapat menimbulkan bahaya dan juga berujung sia-sia.

”Menyusun rancangan pembangunan harus visioner, dan tidak boleh muluk-muluk. Buat program pembangunan, sesuai dengan kemampuan kita untuk melaksanakannya. Paling utama adalah pembangunan tersebut, harus bermanfaat bagi masyarakat. Jangan sampai pembahasan Musrenbang ini keluar dari dua hal ini,” tegas Hamid.

Ia juga mengingatkan agar peserta Musrenbang, dapat membuat rancangan program yang sesuai dengan visi misi pemerintah.

”Untuk pembahasan jangan sampai melenceng dari karaktristik pembangunan, yang telah dirancang pada visi-misi pemerintah. Mudahan-mudahan kegiatan ini berjalan lancar, dan mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkasnya.

Kepala BP3D Kabupaten Natuna, Moestafa mengatakan, Musrenbang ini untuk menyempurnakan RKPD dalam rangka menyusun anggaran dan pembangunan daerah.

”Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 12 hingga 14 Maret. Acara ini diikuti oleh seluruh camat se-Kabupaten Natuna. Seluruh OPD, tokoh masyarakat, LSM, tokoh keperempuanan, pelajar dan mahasiswa,” papar Moestafa.

Pada acara pembukaan tersebut DPRD juga diberikan kesempatan, untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD yang hendak direkomendasikan kepada pemerintah.

”Setelah kami menyerap aspirasi masyarakat, maka konsen dari pokok-pokok pikiran kami terfokus pada pengembangan dan peningkatan kegiatan pendidikan, kesehatan dan pariwisata. Pokok pikiran ini jadi rekomendasi kami kepada pemerintah,” ujar Ketua DPRD Natuna, Yusripandi.

Acara ditutup dengan penandatanganan berita acara pembukaan Musrenbang Kabupaten Natuna 2019.

Hadir pada acara itu seluruh unsur FKPD Natuna, OPD, Tokoh Masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan unsur-unsur masyarakat lainnya. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here