Prodi Pastry SBTI Dibuka Tahun Ini

0
1267
Mahasiswa dan mahasiswi SBTI saat mengikuti praktik pelayanan dan penyajian set menu,belum lama ini. f-istimewa

BINTAN – Tahun ini, Kampus Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) akan ada 5 Program Studi (Prodi). Kampus bidang pendidikan pariwisata yang terletak di Sebong Lagoi itu, sebelumnya hanya ada empat Prodi yakni Front Office, Food and Beverages Services, Housekeeping serta Food Product. Pada 18 Agustus mendatang, Pastry resmi menjadi Prodi baru nantinya.

Rosie Oktavia Puspita Rini MM Par selaku Dosen Prodi Pastry mengatakan, untuk program pembelajaran di SBTI satu tahun.

”Selama 6 bulan, mahasiswa/mahasiswi akan menempuh pelajaran teori dan praktik di lingkup kampus sesuai sarana dan prasarana sesuai Prodi. Sedangkan, 6 bulan lagi, akan ada praktik kerja industri,” sebut Rosie Oktavia Puspita Rini, Minggu (25/2).

Rossie menambahkan, pihaknya menyiapkan prodi baru tersebut selama setahun. Dalam waktu satu tahun, lanjutnya, adanya pemenuhan materi pembelajaran kemudian laboratorium praktik.

Sedangkan untuk tenaga pengajarnya selama ini SBTI memiliki dosen lulusan S2, S1 serta D3. ”Untuk dosen praktisi, kami memiliki persyaratan minimal level supervisor di sebuah perhotelan,” terang dosen yang memiliki panggilan akrab Ocie ini.

Selain itu, fasilitas pendukung praktik di kampus SBTI telah mencukupi dan sesuai kebutuhan masing-masing prodi. Ocie menjelaskan, manajemen Kampus SBTI langsung di bawah perusahan pengelola Lagoi yakni PT Bintan Resort Cakrawala (BRC).

”Selama ini, lulusan SBTI 70 persen sudah terserap langsung di industri pariwisata. Mereka banyak bekerja di perhotelan yang bertaraf internasional, melalui jaringan alumni SBTI tracer,” ungkapnya.

Sedangkan sisanya, yakni 30 persen telah terserap di lembaga pendidikan dan business retail.  Belum lama ini, peserta didik angkatan ke-19 Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) sedang mengikuti masa orientasi pengenalan kampus (Ospek) yang berlangsung selama empat hari terhitung dari Senin, 12 Februari 2018 sampai dengan Hari Kamis, 15 Februari 2018.

Saat ini Indonesia sedang bersiap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA adalah pasar bebas di bidang permodalan, barang dan jasa, serta tenaga kerja.

Karena itu, peran serta masyarakat dan Lembaga Pendidikan Sahid Bintan Tourism Institute mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang perhotelan, melalui sistem pendidikan yang mengedepankan skill, knowledge and attitude.

Dengan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan SDM perhotelan yang berkompeten, profesionalisme dan mampu bersaing dengan SDM dari berbagai belahan dunia khususnya ASEAN untuk mengimbangi persaingan SDM perhotelan tanpa meninggalkan karakter khas budaya timur.

Seperti tahun-tahun sebelumnya PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC) sebagai salah satu perusahaan terbesar di Bintan yang bergerak dalam pembangunan kawasan pariwisata internasional di area Lagoi, melalui Community Development (CD) memberikan beasiswa untuk putra-putri daerah Kabupaten Bintan dan subsidi 50 persen biaya pendidikan untuk putra- putri Provinsi Kepulauan Riau.

Saat ini SBTI mendapatkan dukungan pemberian beasiswa untuk putra/putri Anambas melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu 1 Pintu dan Tenaga Kerja Kepulauan Anambas serta PT. Medco Energy. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here