Prodi Sudah Terakreditasi B

0
163
Rektor UMRAH beserta Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II UMRAH memaparkan rencana pengembangan 2020. F-rendi/humas umrah tanjungpinang

Target 2018 Tercapai, UMRAH Gelar Musrenbang Program 2020

Target kerja Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang tahun 2018 untuk menjadikan seluruh program studi (prodi) terakreditasi B tercapai.

TANJUNGPINNAG – HAL ini disampaikan Rektor UMRAH Tanjungpinang Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc saat musyawarah rencana pengembangan (Musrenbang) tahun 2020 yang diselenggarakan selama tiga hari, Rabu (30/1) hingga Jumat (1/2) di BCC Hotel Batam.

Pada pemaparannya Prof. Akhlus menyampaikan bahwa UMRAH sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang merupakan satuan kerja di bawah naungan Kemenristekdikti harus memiliki capaian-capaian yang dihasilkan dari target yang telah direncanakan.

”Sebagai contoh pada tahun 2018 lalu kita memiliki sasaran strategis dengan indikator kinerja yakni presentase prodi terakreditasi minimal B dan alhamdulillah target itu tercapai sesuai target,” ujar Prof. Akhlus dalam pemaparannya.

Selain membuka acara, di hadapan peserta Musrenbang 2020 Rektor Prof. Akhlus juga menyampaikan rencana pengembangan 2020 untuk UMRAH secara umum. Di awal tahun, UMRAH menggelar kegiatan Musrenbang untuk tahun berikutnya. Sehingga, program pengembangan bisa dipersiapkan lebih matang untuk dijalankan di tahun berikutnya.

Selain rektor, hadir juga Wakil Rektor I, Prof. Dr. rer nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si sebagai pemapar Rencana Pengembangan 2020 Bidang I tentang Akademik, Kemahasiswaan serta Tridharma perguruan tinggi dan Wakil Rektor II Agus Sutikno, SP, M.Si sebagai pemapar Rencana Pengembangan 2020 Bidang II yakni tentang Tata kelola dan Sumber Daya Manusia.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Musrenbang 2020, Drs. Edison, M.B.A yang juga menjabat Kepala Biro Umum Perencanaan dan Keuangan, jumlah peserta yang hadir dalam Musrenbang 2020 ini berjumlah 42 orang.

Antara lain Dekan Fakultas, Kepala Lembaga, Kepala Biro, Kepala UPT, Wakil Dekan I dan II serta Pejabat Administrator (Kabag) di lingkungan UMRAH.

Adapun lima fakultas di UMRAH Tanjungpinang yakni, Fakultas Teknisk, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan berbagai jurusan.

Sekedar informasi, UMRAH juga memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LP3M) yang merupakan institusi pelaksana strategis UMRAH dalam menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan ikut mengembangkan sumberdaya yang diperlukan.

LP3M adalah tempat menumbuhkembangkan budaya penelitian di perguruan tinggi dan mendorong pendayagunaan hasilnya guna mendukung misi pendidikan tinggi dan pembangunan nasional secara berkelanjutan dan merupakan lembaga tempat pengalaman IPTEK berdasarkan kebutuhan masyarakat di Universitas Maritim Raja Ali Haji langsung ke masyarakat luas, melembaga, profesional melalui metode ilmiah.

Entitas penjaminan mutu yang melekat memberikan kontribusi kepada universitas untuk meningkatkan mutu layanan kepada internal, stakeholder dan publik dengan mengacu pada standar yang telah ditetapkan oleh Pemerintah di Bidang Pendidikan Tinggi.

Komitmen Universitas Maritim Raja Ali Haji untuk mendorong LP3M sebagai unsur pelaksana di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat telah menggalang para peneliti dari dalam UMRAH untuk menggali potensi yang ada.

Kluster penelitian pada tingkat fakultas mulai dikembangkan dengan membentuk pusat penelitian dan pengabdian pada masyarakat di fakultas atau pusat penelitian interdisipliner.

Komitmen UMRAH dalam hal mengembangkan dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat diwujudkan dalam hasil penelitian yang tepat guna untuk masyarakat.

Peluang kerja sama penelitian dan pengabdian masyarakat, terutama pada bidang yang sesuai dengan fokus program unggulan Umrah seperti sosial ekonomi dan budaya masyarakat pesisir, coastal eco-development, coastal environment, marine culture, post harvest of fisheries technology, marine resources for medicine technology design fishing sangat terbuka untuk dijajaki kerjas ama dalam bentuk Funding dalam bentuk sponsorship maupun kerja sama penelitian baik dengan pemerintah maupun lembaga yang berkomitmen.(ADLY ‘BARA’ HANANI – MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here