Profesor Asal Perancis Mengajar di UMRAH

0
618
MENGAJAR: Prof Yvon Kamarrec saat mengajar pada sesi Praktikum di Laboratorium Pemrogram UMRAH. f-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, kedatangan dosen tamu yaitu Prof Yvon Kermarrec dari Kampus IMT Atlantique Bretagne Perancis. Kunjungan Prof Yvon Kermarrec merupakan kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian. Melalui Program France Indonesia Consortium of Engineering and Management (FICEM). Program itu, melalui pendanaan Erasmus plus dari Uni Eropa.

Dengan program itu, ke depannya akan ada program serupa yang mendatangkan para pakar untuk berbagi ilmu pengetahuan di UMRAH. Ketua Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik UMRAH, Hendra Kurniawan menyampaikan, Prof Yvon merupakan pakar dibidang Sistem Terdistribusi, Komputasi Paralel dan Big Data.

”Prof Yvon Kermarrec akan berada di UMRAH selama 1 minggu penuh. Beliau akan memberikan materi perkuliahan kepada dosen dan mahasiswa, khusus Jurusan Teknik Informatika UMRAH,” ujar Hendra Kurniawan. Pada Senin (12/6), Prof Yvon Kermarrec akan memberikan kuliah umum bertempat di Auditorium Kampus UMARAH Dompak untuk bidang Big Data kepada mahasiswa-mahasiswa dan juga undangan yang berasal dari SMA/SMK di Tanjungpinang.

”Kegiatan dilanjutkan pada hari Selasa hingga Kamis, dengan memberikan materi praktikum Sistem Terdistribusi dan Komputasi Paralel di Laboratorium Jurusan Teknik Informatika UMRAH,” jelas Hendra. Tujuan kerja sama ini, agar mahasiswa dapat langsung mempraktekkan ilmu yang didapat, berdasarkan materi-materi tutorial yang telah disiapkan.

Selain memberikan perkuliahan kepada dosen dan mahasiswa, Prof Yvon Kermarrec juga menjadi nasarumber pada kegiatan evaluasi kurikulum jurusan Teknik Informatika UMRAH. Evaluasi kurikulum dilakukan sejalan dengan program kerja Teknik Informatika UMRAH yang akan menginisiasi pembukaan Program Internasional pada tahun 2018. ”Ini merupakan hal yang spesial bagi civitas akademi kampus UMRAH,” tambahnya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here