Program Layanan Kesehatan Gratis Cuma Pakai KTP Bintan

0
673
BUPATI Bintan H Apri Sujadi memberikan motivasi peningkatan kinerja kepada Dirut RSUD dr Benny Antomi dan jajaran, dalam pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat, belum lama ini.

3.618 Pasien yang Berobat di RSUD

Kebijakan Pemkab Bintan memberlakukan pelayanan kesehatan gratis, dengan hanya menggunakan KTP elektronik (KTP-el), masih menjadi idola masyarakat Bintan. Terhitung Januari sampai dengan akhir Agustus 2019, terdata 3.618 pasien yang berobat di RSUD Bintan.

Bintan – ”Data itu, cuma warga yang menggunakan KTP-el Bintan, yang berobat gratis di RSUD Bintan. Untuk Puskesmas, juga berlaku untuk layanan berobat gratis dengan bermodalkan hanya KTP-el ini,” kata H Apri Sujadi, baru-baru ini.

”Kita tetap memberlakukan kebijakan berobat gratis dengan KTP-el ini, di tahun 2020 nanti,” sambungnya.

Baca Juga :  HUT ke-17 Provinsi, Perlu Koordinasi yang Mantap

Bupati berharap, masyarakat Bintan tidak mendapat kesulitan dalam mendapatkan layanan kesehatan, dengan menggunakan KTP Bintan ini. Kemudian, pihak RSUD maupun paramedis di Puskesmas, jangan melalaikan tugas utamanya, dalam memberikan pelayanan.

Direktur RSUD Bintan dr Benny Antomi menjelaskan, jumlah pasien ke RSUD Bintan yang menggunakan fasilitas berobat gratis menggunakan KTP Bintan, mencapai 3.681 kunjunga, terhitung awal Januari sampai akhir Agustus 2019. Pasien yang berobat itu ada yang diberikan layanan IGD, rawat inap dan rawat jalan di RSUD Bintan. Layanan IGD atau Instalasi Gawat Darurat yang lebih dominan, mencapai 2.497 kunjungan.

Baca Juga :  DKUPP Tingkatkan Kualitas Kemasan Produk IKM

Menurutnya, peningkatan layanan IGD yang menggunakan fasilitas berobat KTP Bintan gratis, terjadi pada bulan Juni 2019, yaitu mencapai 407 angka kunjungan. Bulan Januari 2019 juga terjadi angka kunjungan yang tinggi, mencapai 319 angka kunjungan. Bila dikalkulasikan, angka kunjungan masyarakat Bintan yang menggunakan fasilitas berobat gratis terhadap layanan IGD di RSUD Bintan itu, mencapai 280-an kunjungan per bulan.

”Bila dikalkulasikan secara menyeluruh terhadap tiga layanan IGD, rawat inap dan rawat jalan, RSUD Bintan melayani 14 sampai dengan 15 orang pasien berobat gratis, per harinya,” sebut Benny, Jumat (27/9) siang.

Baca Juga :  Gebyar Hardiknas 2019, Bintan Raih Segudang Prestasi

Secara keseluruhan, lanjut dr Benny, layanan kesehatan saat ini terus dibenahi guna memberikan layanan yang maksimal. Sebagai catatan, untuk pasien yang di rawat inap setelah selesai perawatan di Rumah Sakit, nantinya akan diberikan 1 kali kunjungan untuk kontrol ke rawat jalan (poliklinik).

”Tentunya, saat ini layanan kesehatan terus kita tingkatkan. Kita berharap program kesehatan yang dicetuskan Bupati Bintan Apri Sujadi ini, dapat berjalan baik,” tutupnya. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here