Program Mengaji Ciptakan Qari dan Qariah Andal

0
796
GERAK JALAN: Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H Syahul saat memegang bendera star sebelum siswa memulai gerak jalan, belum lama ini. f-martunas/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang sudah menerapkan program mengaji kepada siswa sebelum memulai aktivitas di sekolah dan diberlakukan sejak tahun ajaran baru 2016/2017 ini.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul mengaku takjub dan puas dengan hasil penerapan program mengaji kepada siswa, karena ada progres atau kemajuan ke arah yang lebih baik.

Ia berharap melalui program ini akan banyak lahir qari dan qariah di Kota Tanjungpinang dan bisa mengikuti lomba hingga ke tingkat provinsi dan nasional nantinya.

”Kita ingin menciptakan siswa ke depan memiliki karakter dan akhlak. Baru diterapkan setengah tahun saja sudah terlihat kemajuan, maka ke depan saya yakin semakin baik,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (6/2) kemarin.

Dituturkannya, belum lama ini, beberapa siswa SMPN 5 Tanjungpinang khatam atau tamat baca Alquran. Di SMPN 4 Tanjungpinang juga ada kemajuan, siswa bisa membaca tulisan Arab di Alquran dan siswa lainnya bisa menterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Ini suatu kemajuan yang perlu di syukuri. Ke depan diharapkan mampu menciptakan generasi terpelajar dan memiliki karakter.

Menurutnya, program mengaji akan terus di lanjutkan. Ia meminta dukungan dari pihak orang tua untuk terus mendukung anak-anaknya bisa mengaji.

Dukungan dari orang tua diantaranya, bersedia jika anaknya berangkat ke sekolah lebih awal. Jika dahulu siswa masuk pukul 07.15, dengan penerapan program mengaji kini masuk pukul 07.00 pagi.

”Ini artinya siswa sampai ke sekolah sebelum pukul 7 pagi. Jadi perlu dukungan dari orang tua untuk mengawal kegiatan ini,” paparnya.

Ia menilai tidak ada orang tua yang tak mendukung kegiatan ini, asal tersosialisasikan dan diketahui apa tujuannya.

Program mengaji ini selain untuk menciptakan akhlak menjadi lebih baik, juga memberikan manfaat lainnya. Diantaranya, ilmu yang didapatkan bisa membuat iman semakin kuat, sehingga terwujud generasi yang madani.

Ia juga berpesan kepada seluruh kepala sekolah untuk terus konsisten menjalankan program mengaji ini. Jangan sampai berhenti, bahkan sedapat mungkin terus ditingkatkan kualitas maupun kuantitasnya.

Dengan program mengaji ini, diharapkan kenakalan remaja bisa diminimalisir. Selain itu, khusus bergama Islam, anak-anak semakin mencintai Alquran dan memahami kandungannya, sehingga menjadi pedoman bagi hidupnya sehari-hari.

Menurutnya, untuk menuju ke arah yang lebih baik, tentu harus terus dievaluasi. Pemerintah dalam hal ini, melalui Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang berupaya terus menyempurnakan.

”Evaluasi-evaluasi perlu kami lakukan dalam upaya meningkatkan kualitas yang lebih baik,” ucapnya. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here