Program One Man One Hope PLN ”Terangi Masyarakat”

0
1064

TANJUNGPINANG – Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019, tak bisa dilupakan bagi keluarga Asma dan Iin Herawati yang tinggal di Jalan Taman Sari RT02/RW04 Kelurahan Sei Jang atau tinggal di pelantar Sungai Jang. Sudah lebih 20 tahun mereka tinggal di kawasan tersebut belum pernah menikmati listrik langsung.

Namun, Senin (28/10), listrik di rumahnya menyala. Dan, langsung dinyalakan oleh Manajer Senior Keuangan Kanwil PLN Riau Kepri Dang Iwan Natawisastra, didampingi Manager UP3 PLN Tanjungpinang Suharno, Lurah Seijang dan tokoh masyarakat setempat.

Warga menerima layanan pemasangan listrik gratis melalui program One Man One Hope, program bantuan bagi masyarakat yang butuh listrik ini kan listrik. ”Saya sudah 20 tahun tinggal disini, baru bisa menikmati listrik. Selama ini kami numpang listrik tetangga,” kata Asma, sehari-hari sebagai mencari barang-barang bekas untuk dijual. Sedangkan suaminya hanya seorang nelayan tradisional, yang mendapatkan pendapatan tidak tetap.

Ia berterima kasih kepada PLN Tanjungpinang, yang telah memasang layanan listrik gratis kepada masyarakat tak mampu.

”Terima kasih pemerintah, terima kasih PLN sudah membuat rumah kami terang, meskipun kecil,” ujar Iin Iin Hernawati Wati, juga salah satu yang menerima bantuan listrik geratis dari PLN tersebut.

Iin yang tinggal di program pelantar Sungai Jang, sejak tahun 2003. Merasa bahagia sudah bisa menikmati listrik. Tidak numpang lagi sama tetangga.

Manajer Senior Keuangan Kanwil PLN Riau Kepri Dang Iwan Natawisastra menjelaskan, penyambungan listrik baru ini dipersembahan bagi warga yang sebelumnya masih memakai lampu minyak atau masih menumpang listrik ke tetangga. Dan, penyaluran bersamaan dengan hari Ultah PLN yang ke 74 tahun pada tanggal 27 Oktober lalu.

Di Kepri ada 50 masyarakat yang menerima bantuan tersebut.Secara Riau-Kepri ada kira-kira 1.500 rumah yang menerima pelayanan gratis tersebut. Dan, berharap agar program tersebut berjalan baik dan membantu masyarakat yang belum memiliki listrik.

”Mohon dapat diterima dengan baik, diiringi harapan semoga program atau bantuan ini dapat bermanfaat sehingga Bapak/Ibu bisa menggunakan listrik secara aman dan nyaman,” harap Manajer Senior Keuangan Kanwil PLN Riau Kepri Dang Iwan Natawisastra, menyampaikan laporan Program One Man One Hope.

”Kita berharap dukungan dan kerjasama dari seluruh aparat Pemerintah Daerah maupun masyarakat sekitar untuk menggulirkan program ini, sebab program ini memang murni sosial,” ujarnya.

Manager UP3 PLN Tanjungpinang, Suharno berharap bagi masyarakat tak mampu, belum memiliki listrik, baiknya disampaikan langsung ke PLN.

”Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pemasangan listrik gratis, tapi belum mampu boleh datang ke kantor PLN Tanjungpinang,” ujarnya singkat. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here