Progres Jalan Rewak Sudah 40 Persen

0
32
PARA pekerja ketika sedang mengerjakan pemasangan batu miring untuk akses Jalan Desa Rewak. F-ISTIMEWA

Pembangunan akses jalan menuju Desa Rewak, dari Desa Landak Kecamatan Jemaja terus dilakukan. Saat ini, progresnya hampir 40 persen sudah dilaksanakan.

ANAMBAS – Pengawas lapangan proyek pembangunan jalan desa yakni Endang mengatakan, pihaknya terus melakukan pekerjaan dan saat ini para pekerjanya masih melaksanakan pemasangan batu miring menjelang tanah ditimbun. Setelah itu, pihaknya baru akan bisa melakukan pengaspalan.

Endang menyebutkan, anggaran yang disediakan untuk pembangunan proyek tersebut sekitar Rp18 miliar. ”Kami terus melakukan pekerjaannya Mas, saya yakin Oktober nanti jalan itu sudah selesai diaspal dan siap dipakai oleh masyarakat,” kata Endang ketika ditemui, kemarin.

Ia juga mengatakan, kendala tentu ada seperti batu-batu besar harus digali dan dipecah.
Pembangunan itu bukan sekedar pengaspalan saja, namun sekaligus membuka badan jalan.

Jika dibandingkan dengan tempat lain, lokasi di jalan Desa Rewak tidak terlalu berat untuk dikerjakan apalagi pihaknya sudah memiliki pengalaman yang banyak dan sudah sering melakukan pekerjaan yang sama. ”Bukan aspal saja tetapi buka badan jalan juga. Makanya ada kendala sedikit, yakni harus menggali batu besar dan lalu harus dipecahkan dan terus jalan itu ditimbun,” jelas dia.

Pihaknya juga mengakui, para pekerja mereka manfaatkan pekerja lokal jika ada yang berminat dan itu sudah pasti ditawarkan kepada masyarakat terlebih dahulu seperti pekerjaan pemasangan batu miring atau memasang gorong-gorong.

”Kita tawarkan kepada masyarakat dulu pekerjaan yang mudah seperti pemasangan batu miring dan pemasangan gorong-gorong. Alhamdulilah sebagian ada yang bekerja dan ada juga yang tidak berminat,” jelasnya.

Jika jalan ini selesai nantinya, lanjut Endang, tentunya akan berdampak strategis bagi animo perekonomian masyarakat di Kecamatan Jemaja. Sebab, jika infrastruktur pendukung seperti jalan merupakan salah satu faktor untuk pergerakan perekonomian suatu daerah.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here