Proses Hukum Kapal MT Pisces Selesai

0
658
KAPAL MT Pisces saat diamankan di Dermaga PPLP Tanjunguban, belum lama ini.f-jendaras/tanjungpinang pos

TANJUNGUBAN – Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjunguban terpaksa mengembalikan Kapal MT Pisces, yang diamankan sejak 15 Februari 2017 silam lalu.

Sugeng Riyono, Kepala Operasional PPLP Tanjunguban yang dikonfirmasi terkait pengembalian kapal tanker mini berbobot 316 grosstone (GT) tersebut mengatakan, kapal sudah ditarik menuju Batam, 1 Mei 2018 lalu.

”1 Mei, MT Pisces di towing menuju galangan PT Darma Sentosa Marindo, di Tanjunguban oleh TB Sindo Jaya,” jawabnya melalui pesan WA, Kamis (21/6).

Saat ditanya mengenai indikasi kapal tersebut terlibat dalam tindak pidana, Sugeng langsung membantahnya. ”Kalau kapal sudah berangkat, berarti semua proses hukum selesai,” tambahnya.

Baca Juga :  Listrik di Kampung Tua Muda Tinggal On

Namun, Sugeng tidak menjelaskan secara rinci perusahaan dan pemilik kapal yang saat diamankan tidak berawak, dan diduga dipergunakan sebagai penampung minyak ilegal di laut internasional.

Sebelumnya, MT Pisces diamankan setelah Kapal KN Rantos milik KPLP Tanjunguban, setelah mendapatkan informasi dari kapal pengawas pipa gas bawah laut CB Petir, Rabu (15/2) tahun 2017 lalu, sekitar pukul 10.05.

”Rabu lalu KN Rantos P-210 melakukan Patroli Keselamatan Maritim (Patkesmar) di wilayah perbatasan. Kemudian kapal pengawas pipa melaporkan ada kapal di posisi 01°-11-963, N/104°-06-967,” E atau di sekitar perairan Nongsa, Batam,” kata Sugeng saat itu.

Baca Juga :  Deby Kagumi Prestasi Santri Darul Quran Tanjunguban

Usai mendapatkan informasi tersebut, pihak KPLP Tanjunguban langsung mengecek keberadaan kapal MT Pisces. Setelah dicek ternyata tidak ditemukan awak dalam kapal tersebtu. Pada Kamis (16/2), selanjutnya bersama KN Kalimasadha P-115, KPLP Tanjunguban menarik kapal tersebut ke Tanjunguban. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here