Proses Pembangunan, Bongkar Muat Masih Bisa

0
377
PARA buruh sedang melakukan bongkar muat barang di Pelantar II Tanjungpinang. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pelabuhan bongkar muat di Pelantar II kini sedang tahap perkerjaan. Anggaran pembangunannya berasal dari Pemerintah Provinsi Kepri.

Meski demikian, aktivitas masih bisa dilaksanakan. Terlihat para buruh masih melakukan pekerjaan seperti biasanya. Menurunkan dan menaikkan barang ke kapal-kapal yang ada.

Hal ini seperti yang diutarakan salah satu buruh bongkar muat barang, Robi kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (11/1) kemarin. ”Kami sangat mendukung adanya pembangunan atau pelebaran di pelabuhan bongkar muat di Pelantar II, Upaya membuat lebih baik lagi,” tuturnya.

Berharap, proses pekerjaan bisa selesai sesuai waktu yang ditetapkan dalam kontrak kerja. Ia menilai, bila pelabuhan selesai, maka proses bongkar muat bisa lebih cepat selesai. ”Bagusnya bisa cepat selasai, kalau dapat tahun ini bisa kelar semua,” ujarnya.

Ia menilai, pelabuhan terlihat kecil sekarang. Meski demikian, aktivitas tak begitu terhambat. Di pelantar inilah tempat bongkar barang-barang sembako yang disalurkan di Tanjungpinang dan pulau-pulau menggunakan kapal kayu.

Kapal barang sembako berasal dari berbagai daerah yang masuk ke Tanjungpinang. S elain itu, barang-barang dari Tanjungpinang dikirim ke luar daerah.

Dari pantauan dilapangan, rutinitas di pelantar II cukup padat. Terlihat disana aktivitas bongkar muat, mulai dari buruh kapal, buruh becak dan lainnya berada di kawasan itu. Rumah-rumah makan di kawasan itu juga masih ramai.

Robi menyebutkan, setiap hari melakukan bongkar muat barang-barang keperluan rumah tangga seperti, indomie, beras, bilis dan barang sembako lainya. ”Semua barang sembako untuk atar pulau bongkarnya disini, setiap hari saya menjadi pekerja di pelabuhan ini,” katanya.

Menurutnya, kapal tempat ia bekerja ke beberapa daerah. Tujuan Pekanbaru, Tanjung Balai Asahan, Natuna dan Jambi. Semua rata-rata membawa barang sembako. ”Dari pulau kapal juga membawa barang-barang sehingga kapal jarang kosong saat berlayar,” sebutnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here