Proses Pengadaan Hambat Ketersediaan Obat

0
270
dr Faisal

Dirut RSUD Natuna dr Faisal membenarkan, adanya kekurangan obat-obatan di RSUD Natuna hanya saja kekurangan itu berupa jenis obat-obatan yang ringan.

NATUNA – Menurutnya, kekurangan obat-obatan tersebut belum terlalu mengganggu jalannya layanan kesehatan rumah sakit. Sebab, sejauh ini layanan di RSUD tetap berjalan sebagaimana mestinya.

”Ya betul. Belakangan ini terjadi kekurangan, tapi bukan obat-obatan yang vital. Layanan RSUD tetap berjalan lancar,” kata dr Faisal, di tempat kerjanya, Rabu (14/2).

Ia menjelaskan, kekurangan ini terjadi bukan karena faktor kesengajaan dari pihak RSUD melainkan adanya proses pengadaan obat yang harus dilakukan. Hingga saat ini, proses itu sedang berjalan.

”Kondisi ini terjadi hampir setiap tahun, dan hanya bersifat sementara. Kalau proses pengadaannya sudah selesai, obat pasti lengkap,” tuturnya.

Ia mengaku, dapat menerima keluhan keluarga pasien yang agak terganggu dengan kekosongan sebagian jenis obat-obatan itu. ”Keluhan itu wajar karena mereka masih menggunakan Jamkesda, yang notabene melayani seluruh jenis layanan kesehatan. Nanti kalau kita sudah terintegrasi, dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara keseluruhan suasananya akan jauh berbeda,” ujar dr Faisal.

Ia menambahkan, kondisi seperti sudah menjadi seperti fenomena karena kejadian ini bukan hanya terjadi di Natuna tapi juga di daerah lain.

”Kondisi ini mungkin seperti fenomena ya. Jangankan kita di Natuna yang berupa daerah kepulauan dan jauh dari mana-mana. Daerah lain juga mengalami kondisi yang sama di awal tahun. Contohnya Batam, Bekasi dan kota-kota besar lain juga mengalaminya,” tambahnya.

Dengan begitu, ia mengaku telah menginstruksikan kepada dokter-dokternya agar meresepkan obat-obatan yang sejenis dan sekiranya ada di Natuna.

”Kami telah instruksikan kepada dokter-dokter kami agar meresepkan obat-obatan sejenis, kepada pasien meskipun obatnya bukan obat paten tetapi berkhasiat sama. Agar pelayanan kesehatan tetap jalan dengan lancar,” pungkasnya. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here