Provinsi Kepri Siap Berbasis Online

0
499
DESAIN: Desain mega proyek Palapa Ring oleh pemerintah pusat f-net

TANJUNGPINANG – Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kepri Guntur Sakti, menaruh harapan besar kepada pemerintah pusat, terhadap pembangunan mega proyek Palapa Ring yang siap menjangkau sampai berbagai daerah terpencil, dan salah satunya di Kepri.

”Saat ini mega proyek pemerintah pusat itu terus berjalan. Kita berharap target 2018 sampai ke Natuna Kepri benar-benar dicapai. Ini salah satu solusi dan jawaban kita mengatasi kesenjangan digital dan informasi,” jelasnya, kemarin.

Karena kalau kondisi broadband ini sudah terbangun hampir sebagian besar wilayah, banyak sekali kemudahan yang didapatkan.

Contoh kecilnya, pemerinta mulai berpikir untuk membuat jenis layanan baik itu masyarakat, pelaku usaha, dan unsur lainnya yang sudah berbasis elektronik.

Sehingga hampir semua pemerintah daerah, kalau pemerintahnya sudah tersambung infrastruktur internet ini, artinya dia sudah perlahan-lahan sudah bergeser dari paper menjadi e-peperline.

”Istilahnya kalau itu sudah dibangun, maka tata kelolanya bisa disebut e-goverment,” bebernya.

Contoh lain di dunia pendidikan misalnya Disdik sudah menerapkan sistim layanan pendaftaran online, kesehatan juga demikian puskesmas sudah mulai menerapkan sistem IT.

”Saat ini hampir semua masyarakat sudah memegang gadget,” imbuh mantan Kadispar Kepri tersebut.

Jadi Natuna saat ini, informasi yang dia dapatkan sedang mencanangkan sistem smart office, smart city serta smart island. Nah artinya, mimpi mereka sangat besar, ditambah lagi dukungan penuh pemerintah pusat.

Belum lama ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan, proyek Palapa Ring akan rampung dan beroperasi pada akhir tahun 2018.

Program pembangunan serat optik yang menjangkau berbagai daerah terpencil itu akan dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu barat, tengah, dan timur.

Proyek Palapa Ring adalah upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan jaringan serat optik.(ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here