Provinsi Kepulauan Dianaktirikan

0
356
Hardi Hood

TANJUNGPINANG – Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Kepri, Hardi Hood mengatakan, provinsi kepulauan masih tetap dianaktirikan di negeri ini.

Sebab, perhitungan dana transfer masih tetap dihitung berdasarkan luas daratan (kontinental) dan jumlah penduduk. Hal ini merugikan provinsi kepulauan lantaran luas daratannya sedikit dan penduduknya juga minim.

Seperti Kepri misalnya, penduduknya sekitar 2 juta jiwa saja dan wilayah daratnya hanya 4 persen. Sisanya adalah lautan 96 persen.
Jika perhitungan dana transfer hanya berdasarkan luas daratan dan jumlah penduduk, maka dana transfer yang diterima Kepri setiap tahun sangat minim.

Sementara biaya pembangunan dan biaya hidup di daerah bercirikan kepulauan jauh lebih besar. Hal itu dikarenakan biaya transportasinya yang mahal.

Indonesia, kata dia, adalah negara maritim. Namun, tidak memperkuat daerah maritim. Jika pembangunan di daerah maritim hendak diperkuat, maka perhitungan dana transfer juga harus mengikutkan luas laut.

Dengan demikian, dana transfer pusat ke provinsi kepulauan bisa lebih banyak. ”Dengan begitu, provinsi kepulauan bisa lebih berkembang. Kalau begini terus, kita tetap tertinggal,” ujarnya via ponselnya, Senin (9/10).

Ia mengatakan, pemerintah pusat harus memperhatikan provinsi kepulauan jika ingin kemaritim di negeri ini maju. Salah satunya dengan memasukkan luas laut untuk menghitung pembagian dana transfer ke daerah.

Seperti diketahui, Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara, Malaysia dan Provinsi Kalimantan Barat di timur.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan, Singapura, Malaysia dan Provinsi Riau di sebelah barat. Provinsi ini termasuk provinsi kepulauan di Indonesia.

Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau terdiri dari 5 kabupaten dan 2 kota, 52 kecamatan serta 299 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar dan kecil yang 30 persen belum bernama dan berpenduduk.

Adapun luas wilayah Kepri sebesar 8.201,72 km², sekitar 96 persen merupakan lautan dan hanya sekitar 5 persen daratan. Adapun provinsi kepulauan di Indonesia yakni, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bangka Belitung, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Kepri. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here