Proyek Astaka MTQ Capai 80 Persen

0
683
PIHAK ketiga dan tukang proyek pembangunan astaka MTQ ke-12 tingkat Kota Tanjungpinang, mengecek progres pekerjaan, Kamis (12/4) kemarin. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Proyek pengerjaan pembangunan astaka penyelenggaraan MTQ ke-12 Kota Tanjungpinang, di terminal Sungai Carang kawasan Bintancentre (Bincen) sudah mencapai 80 persen. Tak lama lagi, pembangunan astaka dengan ornamen ukiran khas Melayu itu selesai.

Para pekerja terus mengerjakan pembangunan astaka itu. Ukiran Melayu menggunakan bahan baku triplek tebal. Setelah selesai dipotong menggunakan gergaji mesin, pekerja langsung memasang ukiran Melayu berada di pinggir panggung. Kemudian, ukiran Melayu diberikan warna menggunakan cat. ”Alhamdulillah, pengerjaan ini sudah sampai 80 persen,” kata Kepala Tukang, Edi kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (12/4) kemarin.

20 persen lagi, lanjut Edi, tinggal kaligrafi, pengecatan, finishing serta pemasangan kain di sekitar panggung. ”Mudah-mudahan tanggal 16 April ini, selesai kerja kita,” terang dia.

Asalkan, kata dia, jangan sampai turun hujan saja. Kalau sempat turun hujan, ia bersama 12 orang pekerja, tidak bisa menyelesaikan pengecatan pada ukiran Melayu, serta ornamen lainnya. ”Macam mana mau kerja, kalau hujan turun. Mau tak mau kerja yang lain,” sebut dia.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto mengatakan, pendaftaran peserta MTQ ke-12 Kota Tanjungpinang, akan dibuka, Selasa (17/4). Pendaftaran mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.30.

Cabang yang diperlombakan antara lain tilawah, tartil putra dan putri, anak-anak, remaja, dewasa, golongan qira’at saba’ah dan qira’at Alquran. Cabang Hifzil Alquran golongan 1 juz tilawah, 5 juz tilawah dan 10 juz dan tilawah. Lomba kasidah, lomba marawis remaja dan dewasa, lomba pawai taaruf, dan lomba stan bazar. Lomba ini dilaksanakan di terminal Sungai Carang.

Selain itu, dilombakan cabang musabaqah makalah Alquran, khath Alquran golongan naskah, hiasan mushaf, dan dekorasi, akan berlangsung di Gedung Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Sementara untuk cabang fahmil Alquran dan syaril Alquran akan dilaksanakan di Gedung Aisyah Sulaiman. ”Lomba MTQ, mulai tanggal 18 April sampai dengan 23 April,” kata Teguh. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here