Proyek Belasan Miliar Disdik Diresmikan

0
272
BUPATI Bintan H Apri Sujadi didampingi Sekda Adi Prihantara dan Kadisdik Tamsir SSi MSi dan Wakil Ketua DPRD Trijono menandatangani prasasti peresmian gedung SMPN 12 Bintan di Tanjunguban, Senin (26/2) kemarin. F-ISTIMEWA

Bupati Launching Program 15 Menit Mengaji

BINTAN – PROYEK belasan miliar untuk peningkatan sarana pendidikan yang dikelola Dinas Pendidikan Bintan, diresmikan Bupati Bintan H Apri Sujadi, Senin (26/2) kemarin. Meski demikian, Pemkab Bintan masih mencari anggaran untuk pembangunan 80 ruangan kelas belajar (RKB).

Kepala Disdik Bintan Tamsir SSi MSi menjelaskan, tahun anggaran 2017 lalu, Pemkab Bintan membangun fisik serta rehabilitasi gedung SD dan SMP melalui dana APBD sebesar Rp 5,3 miliar. Anggaran itu untuk kegiatan rehab, pembangunan RKB, faving blok, batu miring dan fasilitas lain. Kemudian, pembangunan fisik serta rehabilitasi gedung SD dan SMP melalui dana DAK sebesar Rp 1,1 miliar. Pembangunan fisik serta rehabilitasi gedung SD dan SMP dari bantuan pusat sebesar Rp 6 miliar.

”Pembangunan ini sesuai dengan misi kepemimpinan Pak Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Pak Wabup H Dalmasri Syam. Alhamdulilla, kegiatan sekitar Rp 12,4 miliar itu sudah selesai, dan sudah diresmikan,” kata Tamsir, kemarin.

Tamsir menyampaikan, kegiatan pembangunan fasilitas ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan secara bertahap. Termasuk kegiatan dalam peningkatan kualitas guru, kepsek, selain dari sarana tersebut.

”Meski sudah dibangun fasilitas ini secara bertahap, untuk Sekolah Dasar masih diperlukan pembangunan sekitar 80 ruangan kelas. Menindaklanjuti hal ini, Pemkab Bintan akan berupaya semaksimal secara bertahap, untuk dapat mewujudkannya,” tambah Tamsir.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyatakan, Pemkab Bintan terus memenuhi kebutuhan pendidikan di Kabupaten Bintan, termasuk akan terus memenuhi sarana gedung dan ruang kelas belajar sesuai kebutuhan. Hal itu disampaikan di sela peresmian dan menandatangai prasasti gedung SMPN 12 dan USB TK Muhammadiyah 2 Bintan. Dua gedung sekolah tersebut baru saja selesai di renovasi pada alokasi APBN tahun 2017 lalu.

”Pemkab Bintan fokus pada masalah pendidikan. Kita tidak bisa meningkatkan mutu pendidikan kalau sarananya saja kurang. Untuk itu lah, walau pun secara bertahap, Pemkab Bintan sangat serius untuk memenuhi kebutuhan sarana fisik di sekolah,” kata Apri dalam sambutannya.

H Apri Sujadi meresmikan renovasi gedung SMPN 2 Bintan dengan total anggaran Rp 1,7 miliar dan Unit Sekolah Baru (USB) TK Muhammadiyah 2 Bintan dengan total anggaran Rp 300 Juta. Peresmian ini juga disejalankan dengan penyerahan hasil pembangunan RKB dan rehabilitasi gedung SD dan SMP tahun anggaran 2017 yang bersumber dari APBD Bintan dan APBN (pusat).

15 Menit Mengaji
Selain peresmian fasilitas pendidikan, Pemkab Bintan juga me-launching program 15 menit mengaji sebelum belajar, di Kabupaten Bintan. Program ini sebagai upaya Pemkab Bintan mencetak generasi yang religius. Terutama untuk pelajar SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Bintan. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Bintan Adi Prihantara, Kadisdik Tamsir SSi MSi, pimpinan FKPD, DPRD Bintan, pimpinan OPD, dan tokoh masyarakat.

Menurut bupati, program gerakan 15 menit mengaji merupakan upaya untuk menumbuhkan semangat membaca Alquran di kalangan anak-anak dan remaja. Kesenjangan sosial serta westernisasi yang kian marak di kalangan remaja, membuat Pemkab Bintan semakin fokus dalam membentengi generasi muda agat tetap menggenggam nilai-nilai luhur ketimuran serta norma-norma agama.

”Kita terapkan ini, agar lambat laun mereka gemar mengaji. Mungkin ada yang semangat, ada yang malas-malasan. Tapi kita yakin dan sama-sama berharap agar dengan kegiatan mengaji sebelum memulai proses belajar mengajar, dapat menjadikan siswa-siswi lebih semangat belajar dan tidak ada lagi yang malas-malasan apalagi terpaksa,” ungkapnya.

”Ini merupakan program Pemkab melalui Disdik Bintan bagi semua anak kita,” sambung H Apri Sujadi.(JENDARAS – YENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here