Proyek IPLT Tak Berguna

0
391
PEMBANGUNAN IPLT yang terbengkalai yang menggunakan anggaran APBN 2016. f-istimewa

Beberapa proyek pembangunan di Natuna dinilai sia-sia karena bangunan yang telah dibangun sampai saat ini belum juga dimaksimalkan dan dioperasikan.

NATUNA – Salah satunya adalah bangunan Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) di daerah Batu Sebayar Kecamatan Bunguran Timur. IPLT tersebut dibangun menggunakan dana APBN tahun 2016.

Namun, hingga sampai sekarang belum juga beropasi. Bahkan, kondisi fisik bangunannya telah mengalami kerusakan pada beberapa bagian seperti bagian atapnya.

”Kalau dilihat kasat mata sangat jelas, dan banyak sekali bangunan yang telah dibangun tidak beroprasi malah dibiarkan kosong dan mengalami rusak di setiap bangunannya,” Kata Arianto, seorang pengamat pembangunan di Natuna, Senin (12/3).

Ia menambahkan, selain bangunan IPLT juga terdapat gedung olahraga, gedung wanita, mesin pengelolaan sampah dan masih banyak lagi.

”Waduh kalau dijabarkan cukup banyak juga bangunan yang sudah dibangun dan tidak dipergunakan. Kini bangunan tersebut rusak begitu saja. Ini sama saja sia-sia, karena sudah banyak anggaran APBD Natuna yang tersalurkan menjadi tidak berguna dan terbuang percuma, lebih baik untuk masyarakat,” jelasnya.

Kepala Dinas PU Kabupaten Natuna Tasrif mejelaskan, bahwa untuk pembangunan IPLT itu bukan kewenangan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU). Namun, di bawah naungan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkim) Kabupaten Natuna.

”Untuk kewenangan pembangunan IPLT bukan di PU, tapi di Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan yang berwenang,” ungkapnya. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here