Proyek Lambat Selesai, Kontraktor Didenda

0
859

NATUNA – PIHAK Kontraktor proyek Renovasi Puskesmas (PKM) Serasan Timur (Santi) dikenai denda. Hal itu dikarenakan, proses pengerjaannya tidak sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Kabid Penanggulangan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah menjelaskan, tahun ini ada dua kegiatan pembangunan di Puskesmas Serasan Timur.

Proyek itu diantaranya, pembangunan gedung baru untuk ruang perawatan dan renovasi gedung PKM.

Kedua kegiatan ini dilaksanakan menggunakan anggaran DAK 2017, dan pembangunannya bersamaan dengan sejumlah pembangunan dan renovasi PKM yang ada di kecamatan-kecamatan lain seperti PKM Kecamatan Pulau Laut, Subi dan Bunguran Timur.

Baca Juga :  SPAM Tapau Menanti Pemasangan Travo

”Tapi pembangunan gedung baru untuk perawatan di PKM Serasan Timur sudah rampung. Namun, yang belum selesai adalah renovasinya. Ini yang dikenai denda,” jelas Hikmat di tempat kerjanya, kemarin.

Ia melanjutkannya, berdasarkan aturan jika melewati batas kontrak maka dikenakan denda sebesar 1/1000 per harinya.

Sampai tahun anggaran berakhir, denda yang dikenakan maksimal 5 persen dari total nilai kontrak.

”Kita baru menerapkan denda kepada kontraktor yang bersangkutan, dan kita belum melakukan pemutusan kontrak. Sampai saat ini, pembangunannya masih terus berjalan,” terang Hikmat.

Baca Juga :  Pemkab Cabut 9 Ranperda

Mengenai progres pembangunannya, hingga saat ini belum bisa disampaikan karena masih dalam proses pengecekan.

”Tim PHO (Provisional Hand Over) sedang turung ke Serasan. Mereka akan melakukan pemeriksaan mengenai progres pembangunan itu, dan kami belum dapat laporan progres dari mereka,” sebut Hikmat.

Terkait hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna akan berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Natuna guna mendapatkan arahan mengenai proses pembangunan ke depannya.

”Langkah lainnya kami akan koordinasi dengan kejaksaan, karena kegiatan ini juga didampingi oleh TP4D Kejari Natuna. Kami akan meminta arahan, terkait langkah-langkah apa yang akan diambil agar tidak jadi masalah di kemudian hari,” tutup.

Baca Juga :  Peringati Hari Juang Kartika Kodim Gelar Karya Bakti

Direktur PT Purnabakti Karya Bintan Raja Das memastikan, bahwa paket kegiatan pembangunan geduang perawatan Puskesmas Serasan Timur sudah rampung sebelum batas waktu pembangunan berakhir.

”Kalau kegiatan kami sudah selesai, batas waktu pengerjaan sampai tanggal 23 Desembar ini. Jadi pada kegiatan yang kami garap tidak ada masalah,” singkatnya.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here