Proyek Pelabuhan Pelantar II Dikebut

0
253
PENGERJAAN pembangunan pelabuhan bongkar muat barang di Pelantar II Tanjungpinang, masih berlangsung. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGINANG – PEMBANGUNAN pelabuhan bongkar muat barang di Pelantar II terus digesa oleh Pemprov Kepri, melalui Dinas Perhubungan (Dishub). Meski belum selesai, pelabuhan di Pelantar II ini sudah bisa dipakai. Memberikan kemudahan bagi penambang boat maupun kapal motor (pompong).

Kamis (2/8) kemarin, para pekerja melakukan pengecoran lantai pelabuhan yang berada di samping Pos KSOP. Sedangkan pada bagian depan klenteng (vihara), sudah tahap pengecoran lantai. Besi ukuran besarpun tampak kokoh sebagai tiang-tiang pancang. Para warga yang akan menyebrang ke Kampung Bugis sudah mulai menggunakan pelabuhan di bagian ujung, yang sudah rampung.

Penambang boat pelantar II Tono mengatakan, dirinya menggunakan di bagian ujung pelabuhan itu, agar tidak mengganggu proses pekerjaan pembangunan pelabuhan.

”Pembangunan pelabuhan ini termasuk cepat dikerjakan. Sekarang, sudah bisa kita pakai, walaupun masih banyak barang material yang berserakan,” kata Tono, Kamis (2/8) kemarin.

Menurutnya, pelabuhan ini bisa mempercantik daerah pelantar II. Pelabuhan ini merupakan yang terbesar, yang bisa menghubungkan Pelantar I dan Pelantar II.

”Sekarang pekerja sedang mengecor lantai. Di sana, juga sudah ada kapal tagbout yang sedang memasang pancang,” tuturnya.

Ujang warga Kampung Bugis berharap, pelabuhan ini bisa cepat rampung, dan disediakan tempat yang bagus untuk para penambang pompong, untuk melakukan penyeberangan bagi warga.

”Fasilitas pada pelabuhan ini juga diharapkan bisa dilengkapi. Seperti tempat penyeberangan. Di kiri dan kanannya, sediakan tempat pegangan,” harapnya.

Pemprov Kepri merencanakan, pelabuhan bongkar muat barang ini dibangun dari Pelantar 1 sampai Pelantar KUD, dengan luas sekitar 320 meter, panjang sekitar 230 meter, ditambah area parkir sepanjang 20 meter. Tujuannya agar tertata rapi, indah dan tidak terjadinya lagi penumpukan barang dan kendaraan di pelabuhan ini.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here