Proyek PJU Dompak Rp3,2 Miliar

0
175
Suasana Jembatan Dompak Tanjungpinang di malam hari. f-suhardi/tanjungpinang pos

Mayoritas lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Pulau Dompak padam. Kini pemprov mengganggarkan lagi. Nilainya proyeknya cukup mencapai Rp3,2 miliar.

TANJUNGPINANG – Dinas Pertambangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepri sudah menggangarkan, mulai dikerjakan tahun ini. Pembangunan PJU akan dikerjakan oleh PT. Mori Abadi beralamat di Komplek Pertokoan Green Land Blok P No. 07 Batam Centre, sebagai pemenang tender.

Saat ini, sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di pusat pemerintahan Provinsi Kepri di Dompak, mulai banyak yang mati. Akibatnya, saat malam hari jalan-jalan pusat pemerintahan arah perumahan warga Tanjungsiambang, gelap gulita.

Warga pun meminta kepada pihak terkait agar PJU yang mati segera ditangani. Karena permasalahan PJU berangsur lama dan sampai saat ini belum beres. Hadirnya PJU baru nanti, besar harapan, ke depan kawasan ini mampu memberikan warna baru serta ikon masyarakat Ibukota Provinsi Kepri.

Tokoh masyarakat Dompak, Untung Budiawan mengatakan, pemasangan PJU tak boleh hanya sekitar kantor gubernur saja. Tapi, harus sampai ke perumahan masyarakat setempat. Sebab, hingga saat ini belum ada PJU di kawasan perumahan di Dompak. ”PJU juga harus dipasang di komplek perumahan warga di Dompak,” kata Untung Budiawa, kemarin.

Hal senada juga disampaikan Ketua RT 04 RW 01 Kelurahan Dompak, Abdul Manan. Ia meminta agar pemasangan PJU tersebar. Tak hanya di menuju kantor-kantor dinas dan kantor lainnya di Dompak, tapi juga arah rumah warga. ”Kalau Dompak gelap sering dijadikan balapan liar bagi anak muda,” ujarnya.

Ia juga berterima kasih kepada pemerintah, kalau tahun ini kawasan Dompak di pasang PJU. ”Tapi, jangan seperti sebelumnya, PJU banyak tak hidup, ini yang tak kita harapkan ke depanya,” ujarnya.

Semenbtara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kepri Surya Makmur Nasution mengajak masyarakat untuk sama-sama mengawasi kemajuan Pulau Dompak saat ini. Mengawasi pemasangan PJU di Dompak agar tidak disalahgunakan. Warga juga diminta untuk menjaga PJU yang sudah dipasang nanti.

”Kita minta masyarakat ikut mengawasinya, jangan sampai nanti setelah di bangun ada hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” terangnya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (4/9).

Sambung Surya Makmur, selain menyarankan agar masyarakat berperan aktif ikut mengawasi dia pun berharap ke depan, pemerintah mampu menyediakan kawasan ini untuk masyarakat Ibukota berusaha. Dan, sebagai tempat wisata baru di Tanjungpinang.

”Saya melihat saat ini, jembatan Pulau Dompak itu sudah mulai ramai. Nah ke depan, kalau pulau ini terus di seperti ini, maka dapat membantu masyarakat untuk berusaha. Kalau sudah begitu, pulau Dompak ini akan semakin hidup,” sarannya demikian.(SUHARDI-ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here