Proyek RSUD Digesa Jelang Peresmian

0
100
PIHAK kontraktor sedang melaksanakan pekerjaan RSUD Tarempa agar segera beroperasi. f-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

Dinas Perkerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), terus menggesa pengerjaan pembangunan beberapa fasilitas RSUD agar diresmikan dan segera beroperasi.

ANAMBAS – DPUPR mengklaim, pembangunan fasilitas penunjang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tuntas pada akhir Desember 2018.

Kepala Dinas PUPR KKA Khairul Anwar mengatakan, saat ini pembangunan fasilitas penunjang beroperasinya rumah sakit akan rampung akhir tahun ini.

”Insya Allah tahun ini akan kita serahkan ke Pemerintah Daerah, setelah itu pemerintah akan menyerahkan ke user yakni Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk untuk dioperasikan,” ujar Khairul, Selasa (2/10).

Khairul menyebutkan, saat ini pihaknya sedang memaksimalkan pembangunan sejumlah fasilitas penunjang rumah sakit seperti ruang oksigen, ruang rontgen dan lainnya.

”Pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2018 ini, merupakan finishing dari sejumlah tahapan yang dilaksanakan hingga RSUD siap untuk dioperasikan,” jelasnya.

Pembangunan RSUD dilaksanakan sebanyak tiga tahap, lanjut Khairul, jadi salah apabila ada anggapan yang mengatakan kalau RSUD ini terbengkalai karena pembangunan terus berjalan dan tuntas pada tahun ini.

”Pembangunannya tiga tahap, yakni pada tahun 2016 pembangunan ruang bagian depan sebesar Rp10 miliar. Lalu tahun 2017 pembangunan Ipal Rp4 miliar, dan terkahir pada tahun 2018 pembangunan ruangan penunjang dan finishing secara keseluruhan sebesar Rp8 miliar,” terangnya.

Khairul mengungkapkan, direncanakan RSUD Tipe D akan dimulai operasinya pada tanggal 12 November 2018.

Dimana penggunaannya nanti, hanya pada bagian depan saja apabila rampung seluruhnya maka siap dipergunakan 100 persen.

”Pelan-pelan RSUD akan dapat langsung dimanfaatkan dan dapat melayani masyarakat,” tukasnya.

Optimisme juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan KKA Herianto mengungkapkan, untuk tahap awal pihaknya terlebih dahulu melaksanakan soft opening pembukaan RSUD pada November 2018.

”Kita menunggu penyelesaian pengerjaan, yang dilaksanakan oleh Dinas Pengerjaan Umum (DPU) yang membangun infrastrukturnya,” kata Herianto.

Saat ini, sebut dia, terdapat beberapa ruang yang sedang diperbaiki serta  penambahan ruangannya.

Menurutnya, ruangan yang mengalami perbaikan seperti instalasi listrik dan air. Sedangkan ruangan yang ditambah adalah ruang Radiologi, pemulasaran Jenazah, instalasi gizi dan ruangan central oksigen. Sejatinya, lanjut Herianto, pihaknya merencanakan pada tanggal 12 November 2018 telah dilakukan soft opening pembukaan rumah sakit.

”Kita memang telah menjadwalkan akan melaksanakan pelayanan, namun itu dari sisi kami, karena kita juga menunggu selesainya sejumlah pembangunan yang dilaksanakan oleh DPU,” tutupnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here