PSKPT Diusulkan Jadi UPT-PPIN

0
410
Zakimin

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna Zakimin mengaku, bahwa pihaknya tengah menggodok usulan penetapan Komplek Pelabuhan Sentra Kelautan dan Perikanan (PSKPT) Selat Lampa bisa terintegrasi pada Pusat Pelelangan Ikan Nusantara (PPIN).

NATUNA – Hal ini dianggap perlu untuk memperbesar kapasitas dan kewenangan pengelolaan sumberdaya hasil laut di komplek tersebut. ”Kita ingin PSKPT ini menjadi salah satu unit PPIN. Makanya sekarang kita sedang membuat usulannya,” kata Zaki, di Kantor Bupati Natuna, Kemarin.

Menurutnya, PSKPT Selat Lampa memiliki keunggulan nilai strategis di beberapa bidang dan diantaranya PSKPT itu berada di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang mana armada internasional ramai melintasi wilayah perairannya.

Keunggulan selanjutnya, PSKPT Natuna unggul pada posisi perairan yang masih memiliki potensi besar di sisi sumber daya perikanan. Sebab, perairan Natuna Utara masih mengandung ikan yang banyak sehingga perairan ini acap kali menjadi obyek memancing nelayan nasional dan bahkan asing.

Selain potensi di atas, PSKPT Selat Lampa terletak di perbatasan negeri. Sehingga, movement perikanan memungkin untuk dalam negeri dan distribusinya ke luar negeri lebih mudah. ”Kami ingin potensi alam ini tergali maksimal untuk sebesar-besarnya kesejahteraan,” ujarnya.

PSKPT Selat Lampa kini sudah mulai beroperasi, berbagai sarana dan fasilitas pendukung sudah digerakkan untuk melayanai perikanan masyarakat. Bahkan PT Perum Perindo, kini sudah menjajal kawasan itu untuk transaksi usaha dengan masyarakat.

”Kita bersyukur kawasan itu sudah berfungsi, tapi kita ingin fungsinya bisa lebih maksimal lagi. Dan kini pemerintah sedang berupaya untuk melengkapi dan memperkuatnya baik dari sisi sarana dan fasilitas serta regulasi agar mendatangkan kemanfaatan yang lebih besar lagi,” pungkasnya. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here