PT BPB Bangun Smelter 13 Triliun

0
1782
ALAT BERAT: Alat berat yang sedang beroperasi mengangkut biji bauksit beberapa tahun lalau. f-dokumen/tanjungpinang pos

Lingga Miliki Cadangan Bauksit Terbesar di Kepri

LINGGA – DIPERKIRAKAN cadangan kandungan biji bauksit yang masih tersimpan di Kabupaten Lingga mencapai 600 juta Metrik Ton (MT).Untuk itu, perusahaan pertambangan PT Berkah Pulau Bintan (BPB) menawarkan investasi untuk mengolah hasil tambang tambang tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, PT BPB menawarkan investasi sebesar Rp 13 triliun untuk membangun pabrik pengolahan bauksit (Smelter).PT BPB telah menyatakan kesediannya, dengan berkoordinasi berama pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga tentang rencana tersebut.

Direktur Utama PT BPB Susanto mengatakan, beberapa investor lainnya yang bergabung telah melakukan penghitungan deposit cadangan baku biji bauksit di Kabupaten Lingga melalui citra satelit.

”Selain melalui citra satelit, hasil penghitungan juga didapatkan melalui laporan eksplorasi JORC,” ujar Susanto, Senin (15/5).

Hasil penelitian tersebut telah menghasilkan data, bahwa Lingga memiliki cadangan bahan baku bauksit terbesar di Kepri.
Jumlah cadangan yang diperkirakan sekitar 600 juta Metrik Ton tersebut, sangat layak untuk mendirikan pabrik Smelter di Lingga.

Ia menerangkan, PT BPB telah mengurus izin pengurusan ijin usaha produksi pengolahan dan pemurnian mineral ke pemerintah pusat.

”Dasar utama pembangunan Smelter dilakukan karena kebutuhan aluminium di dalam negeri sangat besar, terlebih pemerintah Indonesia saat ini sedang galak membangun proyek infrastruktur,” jelasnya.

Untuk harga Aluminium, telah diatur dalam bursa mineral di London Market.

”Harga jual berdasarkan acuan internasional, dengan demikian harga dijamin akan stabil,” terangnya. Untuk membangun pabrik Smelter tersebut, PT BPB membutuhkan lahan seluars 250 hektare (Ha).

Untuk mengolah tambang bauksit, PT BPB akan menggandeng perusahaan asal Tiongkok yang telah berpengalaman mengolah biji bauksit. (TENGKU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here