PTS Pertama di Bintan, Gubernur Resmikan Kampus PBC Lagoi

0
139
GUBERNUR Kepri Dr H Nurdin Basirun menandatangani prasasti peresmian Kampus Politeknik Bintan Cakrawala (PBC), didampingi Frans Gunara dan Aditya Laksamana, di Lagoi, Jumat (3/5) kemarin. f-istimewa

BINTAN – Kini, telah hadir kampus Politeknik Bintan Cakrawala (PBC). Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama berdiri di Kabupaten Bintan ini, diresmikan oleh Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Jumat (3/5) kemarin.

Kampus Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) ini terletak di Jalan Kota Kapur, kawasan pariwisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Bintan. Peresmian kampus yang didirikan Yayasan Bintan Resort ini, ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur Kepri H Nurdin Basirun.

PBC merupakan peningkatan jenjang pendidikan pariwisata, dari Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI). SBTI telah berdiri sejak 10 tahun lalu, telah mendidik sebanyak 1.083 orang. Dari jumlah tersebut, sudah terdapat 803 orang alumni.

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menyambut baik, dengan berdirinya kampus PBC ini. Sebab, dengan berdirinya kampus PBC, akan menambah kualitas pendidikan di bidang pariwisata. Menurut gubernur, pendidikan sangat penting.

”Saya sangat berterima kasih sekali dengan BRC Lagoi, yang telah membangun kampus PBC. Dengan berdirinya PBC, tentunya akan mendukung laju investasi dan daya saing. Melalui SDM yang siap kerja, dan mampu berdaya saing secara internasional,” jelas Nurdin Basirun.

Nurdin menyampaikan, potensi pariwisata di Kepri sangat menjanjikan. Terlebih, kawasan wisata di Kepri dikelola oleh tangan-tangan profesional, seperti Bintan Resort Cakrawala di Lagoi. Penataan Kampus PBC sangat baik bagi kelangsungan belajar.

”Mari sama-sama kita majukan pendidikan di Kepri. Terlebih kampus SBTI telah berpengalaman mendidik tenaga-tenaga terampil dan profesional di bidang pariwisata,” terang Nurdin.

Selain itu, lanjut Nurdin, di era saat ini, generasi muda harus dibuka wawasannya tanpa harus menggantungkan diri, untuk mencari kerja. Jangan hanya ingin menjadi tenaga honor di pemerintahan.

Ketua Yayasan Bintan Resort Ir Aditya Laksamana menambahkan, berdirinya kampus PBC merupakan peningkatan pendidikan dari Kampus SBTI, yang merupakan program sertifikasi 1 tahun.

Kampus PBC memiliki 3 program studi. Masing-masing Diploma-IV Pengelolaan Perhotelan, Diploma-III Seni Kuliner serta Diploma-III Perjalanan Wisata. Sehingga nantinya, alumni SBTI yang telah bekerja dan ingin meningkatkan pendidikan, tentunya dapat menempuh pendidikan di kampus PBC.

”Jadi berdirinya kampus PBC ini, sinergi dari kampus SBTI. Namun yang terpenting, kami tekankan agar lebih mengutamakan penguasaan bahasa asing. Karena, dengan menguasai bahasa asing, tentunya akan menunjukkan kita mampu bersaing. Dan tidak lupa juga memiliki wawasan yang baik di bidangnya,” ungkap Ir Aditya Laksamana.

Direktur kampus PBC dan SBTI Endang Winduri SSos MM menambahkan, visi misi kampus PBC, membangun SDM yang berakhlak mulia, kompeten, berwawasan global serta memiliki jiwa kkewirausahaan dengan kearifan lokal di bidangnya.

”Kampus PBC di kawasan wisata terpadu Lagoi ini, dikelilingi berbagai industri pariwisata dan perhotelan berskala internasional. Tentunya memiliki nilai jual yang strategis, untuk mendukung kelangsungan mencetak SDM profesional. Sementara izin operasional kampus PBC telah terbit pada tahun 2018 lalu. Tahun ini, kami sudah menerima calon mahasiswa dan mahasiswi baru,” sebut Endang Winduri.

Hadir pada kegiatan peresmian tersebut Vice President BRC Lagoi Frans Gunara, Bupati Bintan yang diwakili Asisten III Setdakab Bintan drh Kartini, Executive Vice Director Yayasan Sahid Jaya Dr Yohanes Sulityadi, Group General Manager BRC Abdul Wahab, The Representative of MDIS Mr Subramanian Arunachalam dan sejumlah undangan lainnya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here