PTSP Jadi Mal Pelayanan Diresmikan Presiden

0
741
UPACARA: Lukita hadir saat upacara HUT Sumpah Pemuda mendampingi Wako Batam HM Rudi, Senin lalu. f-ist/humas pemko batam

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam, akan memindahkan semua pelayanan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP ke Mal Pelayanan. Pelayanan di PTSP dimaksud terkait dengan pengurusan lahan, patwa planologi dan penanaman modal. Dengan demikian, pelayanannya dipindahkan dari lantai 3 ke lantai 1, Gedung Sumatera Promotion Centre (SPC), tempat mal Pelayanan.

Rencana itu diungkapkan Kasubdit Pelayanan dan Penanaman Modal PTSP BP Batam, Adi Sugiarto, Kamis (2/11). ”Semua pelayanan dipindah ke lantai 1, tempat mal pelayanan. Semua lah, ada lahan, fatwan dan penanaman modal. Kemarin sudah laporan ke pimpian,” jelasnya.

Baca Juga :  Kepri Harus Junjung Prestasi dan Sportivitas

Direncanakan, minggu depan, akan melakukan pertemuan dengan perwakilan Pemprov Kepri dan Pemko Batam, terkait dengan tindaklanjut Mal Pelayanan. ”Arahan pimpinan, minggu depan pertemuannya. Memang, cuma pindah lokasi. Tidak ada ada perubahan (signifikan). Dari lantai 3 ke lantai 1 saja,” katanya.

Terkait peresmian, diakui secara pastinya tidak tahu. ”Kalau pastinya tidak tahu, karena koordinasi pemprov dan kota. Perizinan apa saja, mereka yang tahu. Nunggu kesepakatan aja kapan pindah,” imbuhnya.

Sementara Kepala BP Batam, Lukita mengatakan jika BP dan Pemko akan berintegrasi dalam Mal Pelayanan, yang direncanakan diresmikan Presiden 5 Desember 2017. ”Deputi yang terkait pelayanan publik, akan duduk bersama dengan dinas terkait di Pemerintah Kota Batam,” jar Lukita.

Baca Juga :  Isdianto Rangkul Teman Alumni Bangun Kepri

Sementara itu, Wali Kota Batam, HM Rudi menegaskan kepada pegawai Pemko Batam, pelayanan dari Pemko harus terbaik di Mal Pelayanan. ”Saya tidak ingin Pemko berada diposisi bawah. Mari berlomba agar Pemko di atas kabupaten/kota di Kepri. Bila perlu di atas Pempov Kepri. Termaksud mental dan kerja, disiplin waktu, bahasa serta mengetahui persyaratan,” tegas Rudi.

Rudi meminta sistem yang ada saat ini harus ditingkatkan. Ke depan sistem pelayanana dijadikan satu. Saat ini sistem masing-masing instansi dan bersifat parsial. Termaksud pendataan yang disebut masih manual. ”Sekarang, masih masing-masing. dinas pendapatan sendiri. Kedepan semua harus satu. Sistem sudah disiapkan, Gustian (Kadis PTSP Pemko),” katanya.

Baca Juga :  Gubernur Klaim LKPj Sudah Mengacu RPJMD

Rudi mengungkapkan informasi terkait pengadaan mal pelayanan di Batam. Dimana, mal pelayanan nanti, akan dipimpin pejabat dari pemerintah pusat. Awalnya disebutkan jika Mal Pelayanan akan di bawah Pemko Batam. Namun pelayanan perizinan dijalankan masing-masing institusi. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here