PTSP Pemprov Telah Penuhi Rekomendasi Korsupgah

0
889
Petugas PTSP Pemprov Kepri saat menerima berkas pemohon perizinan di Kantor PTSP Gedung A di Dompak, baru-baru ini.f-suhardi/tanjungpinang pos

DOMPAK – Belakangan terakhir ini, tim Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia menyorot soal pelayanan publik Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pemprov Kepri.

Selasa (5/6) lalu, tim dari Korsupgah KPK yang dikoordinir Adlinsyah M. Nasution mendatangi Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemprov Kepri.

Di sana, Korsupgah tidak menemukan banyak kejanggalan terhadap layanan administrasi perizinan. Bahkan apa yang disarankan, agar membuat sistem layanan perizinan secara online dan transparan, saat ini sudah dilakukan.

Jadi, apa yang direkomendasikan sebelumnya, sebagai catatan negatif dari Korsugah saat ini sudah terpenuhi dengan baik.

Baca Juga :  Kejati Minta KPU Tak Loloskan TSK Korupsi

Kabid Pelayanan Perizinan DPMPTSP Pemprov Kepri, Joni Hendra Putra menjelaskan, tidak ada yang mengganjal di hati tim Korsupgah yang meninjau fasilitas pelayanan perizinan di PTSP Kepri. Karena, apa yang mereka sarankan dan direkomendasikan untuk segera dilakukan, sudah sejak lama pihaknya mengabulkan rekomendasi tersebut.

Misalnya, rekomendasi membuka layanan perizinan tidak lagi manual melainkan, secara online. Ini sudah dilakukan. Bahkan, mengubah Pergub dari yang sebelumnya, mengurus perizinan harus melibatkan kantor OPD lain.

Saat ini, Pergub yang mengatur tentang pelayanan perizinan hanya terpusat di PTSP, sudah lama disahkan Pergubnya. ”Jadi rekomendasi mereka sudah 80 persen kita laksanakan dengan baik,” tegas Joni.

Baca Juga :  Angkut BBM, Kapal Terbakar ABK Luka-luka

Hanya saja, Joni mengakui memang terkait akses masyarakat untuk mengurus perizinan di kantor DPMPTS saat ini masih menjadi kendala. Harusnya, kantor perizinan PTSP ini dibangun sendiri dan gedung sendiri.

Keluhan ini, katanya tidak hanya datang dari masukan sebagai rekomendasi tim Korsupgah, melainkan masyarakat yang ingin membuat perizinan, mengurus perizinan terkendala karena akses transportasi yang jauh.

”Karena kantor PTPS saat ini tidak berada di tengah kota. Kemarin, saat tim Korsupgah berkunjung, kami sampaikan, lokasi yang sangat refresentatif di kantor eks Gubernur lama,” terang Joni demikian.

Baca Juga :  Ustaz Ali Jabeer Ceramah 1 Muharram di Gedung Daerah

Sebelumnya, ketua Satuan Tugas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Kasatgas Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Adlinsyah Nasution secara tegas mengatakan, kalau tidak ada perubahan maka pihaknya akan melakukan tindakan paksaan.

Tim Korsupgah wilayah Sumatera saat ini, selalu memantau situasi dan kondisi pelayanan publik, perizinan kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang berkantor di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Kepri Smart Province (KSP) di bawah komando Dinas Kominfo Kepri. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here