PTT dan PHL Tak Ada Gaji 13

1
4887
APEL: Pegawai Pemprov mengikuti apel pagi belum lama ini di Kantor Gubernur Kepri di Dompak. F-dok/tanjungpinang pos

Gaji ke-13 hanya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) saja. Untuk lingkup Pemko Tanjungpinang akan segera dicairkan. Sayangnya, untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Tenaga Harian Lepas (THL) tidak ada gaji ke 13, tapi cuma dapat gaji ke-14 saja.

TANJUNGPINANG – Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono, kemarin. Gaji ke-13 diberikan kepada ASN untuk biaya sekolah. Sedangkan gaji ke-14 ini disebut juga sebagai tunjangan hari raya atau THR yang akan diberikan untuk memenuhi kebutuhan para ASN, PTT dan THL dalam menyambut hari raya.

”PTT dan THL tidak menerima gaji ke 13 tapi mereka menerima gaji ke 14,” kata Riono, usai salat tarawih di Haji Unggar, Tanjungpinang, Minggu (28/5).
Kata dia, gaji ke 13 untuk ASN masih menunggu dari pemerintah pusat. Tapi informasi terakhir akan cair dalam waktu dekat ini. Pemko sedang menunggu pencairan dari pemerintah pusat.

Baca Juga :  Korban Pemerkosaan Bertambah

”Kalau sudah turun dari pusat kita langsung distribusikan gaji ke 13 ASN masing-masing,” tegasnya. Kata dia, dana gaji ke 13 bakal diterima para ASN di lingkup Pemko Tanjungpinang bersumber dari APBN. Jadi, khusus bagi ASN saja, baik TNI dan Polri termasuk pegawai vertikal kementerian di daerah juga menerima gaji ke 13.

”Katanya akan cair tak lama lagi, ya kita tunggu saja,” tegasnya. Sedangkan kata dia, gaji 14 akan dibagikan ke PTT dan THL sebelum lebaran nanti. Gaji ke 14 PTT adalah bersumber dari APBD.

Baca Juga :  Satu Korban Terseret Arus Ditemukan Meninggal

”Kita minta ASN dan PTT tetap bersabar menunggu pencairan gaji ke 13 dan gaji 14,” tegasnya. Ia juga meminta kepada BKD untuk mendata absen pegawai di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) selama Ramadan.

Apabila terdapat pegawai yang tidak masuk tanpa alasan yang jelas akan segera mendapatkan sanksi sesuai dengan jenis pelanggarannya. Menurutnya, sanksi tersebut dipandang penting sebagai peringatan kepada pegawai yang tidak menjalankan aturan.

Tidak hanya itu, Ia juga menekankan, ASN sebagai abdi negara harus senantiasa disiplin dalam menjalankan tugas dan kewajiban, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Diakuinya, tingkat kedisiplinan PNS di lingkungan Pemko Tanjungpinang selama beberapa tahun terakhir terus meningkat.

”Kita berharap ke depan dari tahun ke tahun ASN di Pemko Tanjungpinang makin dewasa dalam merencanakan waktu liburannya. Sehingga dapat tepat waktu hadir dalam kerja di hari pertama ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Kuota Sembako Murah Turun

Pemerintah memastikan para Pegawai Negara Sipil (PNS) atau ASN, anggota TNI/Polri bakal mendapatkan gaji ke-13 dan tunjangan hari raya (THR) tahun ini. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, menjelaskan tahun ini pensiunan PNS hanya akan mendapatkan gaji ke-13, tidak dengan THR.

THR hanya diberikan kepada aparatur sipil negara yang masih aktif saja. Gaji ke-13 untuk pensiunan ini kemungkinan akan diberikan sebelum Lebaran, sama seperti tahun lalu.(ABAS)

Loading...

1 KOMENTAR

  1. saya berharap demikian..tdk mengubar janji.jika benar ptt dan phl mendapatkan gaji 14..alhmdulillah.besar harapan kami.pemerintah dapat mengerti keadaan kami yg bekrja di luar aungan pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here